Puluhan Dokar Warnai Malam Takbiran di Sulbar

Majene, Sulbar - Puluhan bendi atau dokar hias khas akan memeriahkan malam takbiran Idul Adha 1433 Hijiriyah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat bersama rombongan peserta yang membawa obor dengan berjalan kaki.

"Selain memeriahkan malam takbiran dengan pawai berjalan kaki dengan membawa obor, kegiatan ini juga akan semakin meriah dengan rombongan puluhan bendi khas Majene yang akan dihias sedemikian rupa oleh pemiliknya," jelas Kepala Bagian Umum Pemkab Majene, Andi Amran di Majene, Rabu.

Parade takbiran dengan mengikutkan bendi hias sekaligus akan dimasukkan dalam kategori perlombaan, selain lomba kendaraan hias yang akan diikuti oleh sejumlah sekolah.

Dia memperkirakan, jika minat warga cukup besar untuk mengikuti perlombaan itu, peserta yang menggunakan bendi akan mencapai ratusan sebab ini pertama kalinya diselenggarakan.

"Perayaan malam takbiran yang akan kita selenggarakan tentu akan lebih semarak sebab diwarnai dengan penampilan tiga kategori, yakni konfoi ratusan orang yang berjalan kaki dengan membawa obor, konfoi kendaraan hias, dan bendi hias," sebutnya.

Amran mengaku kegiatan seperti ini sangat jarang dilakukan di daerah lain, apalagi ini merupakan sebuah kegiatan yang difokuskan pada pengenalan budaya Majene yang sering dilakukan saat malam takbiran sekitar puluhan tahun silam.

"Bendi merupakan sarana transportasi warga puluhan tahun lalu, namun hampir tidak pernah digunakan lagi semenjak adanya kendaraan bertenaga mesin. Kami betujuan, kegiatan ini untuk memberikan gambaran situasi puluhan tahun lalu," tuturnya.

Selain itu, dengan adanya lomba bendi hias, warga yang berprofesi sebagai pemilik bendi dapat termotivasi untuk melestarikan warisan budaya yang memiliki nilai sejarah bagi kabupaten ini.

-

Arsip Blog

Recent Posts