Wisatawan Asing Ikut Menari Campak di Belitung Timur

Manggar, Babel - Para wisatawan asing berjoget bersama penari yang membawakan Tari Campak di pembukaan Turnamen Barongsai Nasional Belitung Timur 2012, Senin malam.

Mereka asyik menggoyangkan badan mengikuti gerakan para penari di hamparan karpet yang digelar di pantai Nyiur Melambai, Manggar, Belitung Timur.

Tari pergaulan muda-mudi itu dihiasi dengan kostum gaun khas Eropa dengan warna-warna mentereng seperti kuning, hijau, dan biru dilengkapi dengan selendang.

Para penari pria tampil dengan kostum setelan pink dengan aksen sarung di pinggang dan penutup kepala.

Para penari pun mengajak para orang asing yang merupakan peserta Sail Morotai 2012 itu menari bersama dengan mengalungkan selendang ke leher mereka.

Aksi itu disambut ramai oleh ratusan warga yang datang ke Pantai Nyiur Melambai atau dikenal juga sebagai Pantai Lalang demi melihat rangkaian acara pembukaan Turnamen Nasional Barongsai.

Selain Tari Campak, acara tersebut juga diramaikan penampilan Tari Gambus dan Tari Sapu.

Wakil Bupati Belitung Timur, Zarkani Mukri, yang resmi membuka Turnamen Barongsai Belitung Timur dengan memukul tambur itu berpesan agar turnamen tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai momentum mengembankan seni budaya Belitung Timur juga hiburan bagi wisatawan. Dia juga memuji kegiatan barongsai sebagai sara menyalurkan kreativitas para generasi muda.

"Bertandinglah dengan sportif, jaga stamina, dan tetap semangat meraih sukses," kata dia pada belasan tim barongsai yang berasal dari Belitung dan kota-kota lain seperti Jakarta.

Tiga besar pemenang Turnamen Nasional Barongsai akan langsung mengikuti International Lion Dance Tournament pada 18-20 Oktober di Belitung Timur.

-

Arsip Blog

Recent Posts