Seniman Indonesia-Malaysia Akan "Unjuk Rukun" di Ancol

Jakarta - Seniman Indonesia maupun Malaysia seperti Titi DJ, Rossa, Inka Christie, Siti Nurhaliza, Amy Search dan Shilla Amzah akan "unjuk rukun" dengan tampil bersama pada konser budaya Indonesia-Malaysia 10 Desember 2012 di stadion MEIS Ancol.

Konser bertema "Ekspresi Karya Gemilang" itu akan diselenggarakan secara gratis.

"Sangat penting untuk menghargai budaya yang menjadi akar tradisional. Kami akan coba eksplorasi budaya Indonesia dan Malaysia," kata pihak sponsor yang diwakili Mohd Ghozali bin Yahya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Direktur artistik tari konser tersebut, Deny Malik, mengatakan pergelaran itu juga akan menampilkan kolaborasi kesenian mulai dari tarian dan lagu seperti Ronggeng Betawi, tari Kipas Melayu, dan "The Mystery of Kalimantan".

"Akan ada 70 penari yang terlibat dalam kelompok musik etnis. Ada suguhan tari, nyanyi dan aransemen lagu yang berbeda," ujar dia.

Aransemen musik Etnis

Direktur Musik konser budaya, sekaligus pimpinan orkestra Yusuf Oeblet mengatakanakan melibatkan seluruh alat musik dari berbagai daerah di Indonesia seperti Gondang Batak, Gamelan Jawa dan Bali untuk menghasilkan aransemen lagu yang berbeda dan khas.

"Semua unsur tarian dan lagu digarap berbeda menggunakan aransemen tradisional," ujar dia.

"Ini akan menjadi tetabuhan musik nusantara populer. Kami garap perkawinan dua budaya," ujarnya.

Konser ini juga akan diadakan sekaligus di beberapa kota lainnya seperti di lapangan Batrai Kodam, Pekan Baru pada 12 Desember dan di stadion Lambung Mangkurat, Banjarmasin pada 14 Desember 2012.

-

Arsip Blog

Recent Posts