Bahasa Melayu Bahan Uji Wajib bagi Mahasiawa Asing

Kuala Lumpur, Malaysia - Menteri Pendidikan Perguruan Tinggi Malaysia Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin kemarin (15/12) di depan jumpa pers pembukaan Pameran Pendidikan Ke-25 mengumumkan, mulai dari tahun 2013, baik pemerintah lokal maupun perguruan tinggi swasta perlu menuntut mahasiswa asing lulus dari ujian bahasa Melayu.

Nordin mengatakan, ketentuan itu disusun agar mahasiswa asing dapat berkomunikasi dengan penduduk setempat serta memahami budaya setempat. Dikatakannya bahwa "ketentuan itu tidak akan menghalangi mahasiswa asing untuk menuju Malaysia."

Mohamed Khaled Nordin mengatakan, ujian tersebut termasuk kemampuan berbicara yang mendasar, seperti mahasiswa Malaysia belajar ke Jerman atau Rusia, seharusnya belajar bahasa setempat.

Sementara itu, dia menyatakan, mulai dari tahun depan, perguruan tinggi seharusnya mendirikan empat mata pelajaran tetap untuk mahasiswa lokal, sedangkan untuk mahasiswa asing hanya disediakan dua mata pelajaran yang tetap, mata pelajaran itu masing-masing ialah penelitian Malaysia dan dialog bahasa Melayu, sedangkan dialog bahasa Melayu harus lulus dari ujian.

-

Arsip Blog

Recent Posts