Peninggalan Kerajaan Melayu Harus Dilestarikan

Medan, Sumut - Pengurus Besar Angkatan Muda Melayu Indonesia Sumatera Utara berharap Gubernur Sumut terpilih nantinya semakin melestarikan peninggalan-peninggalan kerajaan Melayu seperti Situs Aru atau lebih dikenal dengan Benteng Putri Hijau.

"Benteng Putri Hijau itu merupakan sejarah peradaban, tempat Gajah Mada pernah bersumpah untuk menaklukkan Kerajaan Aru tersebut," kata Dewan Pembina Pengurus Besar Angkatan Muda Melayu Indonesia (PB AMMI), Zaidan BS, di Medan, Rabu.

Dia mengatakan itu saat menerima kunjungan calon Wakil Gubernur Sumut 2013, Jumiran Abdi. Jumiran Abdi berpasangan dengan Effendi MS Simbolon maju di Pemilihan Gubernur Sumut 2013 dengan nomor urut 2.

Menurut Zaidan, permintaan pelestarian Situs Benteng Putri Hijau yang ada dua di Sumut itu masing-masing di Deli Tua, Deli Serdang dan Langkat tersebut merupakan satu dari beberapa amanah yang disampaikan Ketua Umum PB AMMI, Syamsul Arifin.

Adapun pesan lainnya antara lain menjadikan sumur minyak di Pangkalan Brandan, sebagai museum kilang minyak dunia.

Sumur minyak itu bisa dijadikan museum karena data dari Pusat Sejarah Universitas Medan menyebutkan kilang minyak tersebut merupakan salah satu kilang minyak tertua kedua di dunia setelah di Amerika.

Kemudian, pesan lain adalah menyangkut soal perlindungan terhadap tanah ulayat dan pelestarian budaya Melayu.

Menanggapi pesan itu, Jumiran Abdi, menyebutkan, seandainya pasangan mereka menang, maka memang akan semakin menghargai termasuk melestarikan budaya-budaya dan peninggalan sejarah di Sumut.

"Budaya dan bangunan bersejarah, bukan hanya bisa menunjukkan kekuatan daerah di masa lalu tetapi juga menjadi pendorong peningkatan ekonomi dimana bisa menjadi objek wisata,"katanya.

Sumut yang terdiri dari berbagai etnis dan dikenal dengan kerukunan umat beragama, dewasa ini semakin disukai sebagai tempat wisata termasuk wisata konvensi dan investasi sehingga Pemerintah memang harus memperhatikan serius daerah itu.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign