Pesta Budaya dalam Festival Tangerang 2012

Serpong, - Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang bersama Dewan Kesenian Kabupaten Tangerang dan Dispora Budpar Kabupaten Tangerang hari Senin dan Selasa menggelar Festival Tangerang 2012.

Festival budaya pada Senin ini menyuguhkan acara Indie Movie, Indie Art dan Sastra Indie. Selain itu digelar juga bincang sastra bersama Binhad Nurrohmat dan R Masri Sareb Putra dan pelantikan pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Tangerang. Hari Selasa besok akan digelar Pesta Puisi dan peluncuran buku Antologi Puisi Tangerang 2012.

Direktur LPPM UMN Dr Ir Winarno M Kom dalam sambutan dalam buku Antologi Puisi mengungkapkan, Festival Tangerang yang digelar di UMN bertujuan menggali potensi budaya lokal Tangerang, termasuk budaya kontemporernya. Selain itu digelar juga pemutaran movie karya para mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum yang merupakan bagian dari seni kontemporer Tangerang.

Acara yang digelar di UMN ini dapat dinikmati oleh masyarakat yang tertarik pada karya seni di luar format populer; dalam hal ini termasuk sastra dan seni lukis yang bahkan juga diskusikan dengan topik indie. Tujuannya memberikan pencerahan bahwa makna indie sangatlah luas, tidak sebatas satu format seni.

Gelaran ini juga diniatkan untuk memperkenalkan komunitas seni dan sastra Tangerang yang selama ini sudah banyak karyanya, namun secara umum belum dikenal.

Menurut Winarno, UMN tergerak berpartisipasi dalam Festival Tangerang karena ingin menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Tangerang. Selayaknyalah UMN yang memiliki Fakultas Seni dan Desain mengambil peran dalam penyelenggaraan Festival Indie UMN, dengan harapan dapat menampilkan potensi seni dari wilayah Tangerang, yang meliputi seni lukis, seni sinema, seni sastra, dan seni kerajinan.

Sementara itu Kepada Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tangerang Soma Atmaja dalam buku Antologi Puisi menyebutkan, acara ini digelar menyambut HUT ke-69 Kabupaten Tangerang yang jatuh 27 Desember mendatang.

Festival Tangerang menampilkan tiga budaya besar yaitu Sunda, Jawa, Betawi, dan Cina. Festival ini digelar di berbagai lokasi, Supermal Karawaci, lapangan Kecamatan Sepatan, lapangan Kecamatan Kresek, Summarecon Mal Serpong, dan Universitas Multimedia Nusantara.

Selain menghadirkan acara budaya dengan kesenian lokal yang dapat dinikmati semua lapisan masyarakat, acara ini juga menampilkan produk budaya kontemporer, antara lain Festival Indie di UMN berupa Indie Art, Indie Movie, dan Indie Sastra. Sasarannya pelajar SMA, mahasiswa, dan masyarakat umum di wilayah Tangerang.

-

Arsip Blog

Recent Posts