Tradisi Arakan Jemaah Haji di OKI

Kayuagung, sumsel - Ada yang unik di Kabupaten Ogan Komering Ilir atau sering disingkat OKI, Sumsel, setiap berakhirnya musim haji. Para jemaah haji yang baru pulang dari tanah suci ini akan diarak keliling kota sambil membaca shalawat kepada Nabi. Tradisi yang berlangsung kemarin (5/12) ternyata sudah berlangsung sejak dahulu dan tetap bertahan hingga sekarang.

Seperti kemarin, arak-arakan dimulai dari Kelurahan Paku dan berakhir di kabupatenan yang diterima langsung oleh Bupati OKI H Ishak Mekki dan istri Hj Tartilah Ishak, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) OKI, kemarin (5/12).

Perwakilan jemaah haji OKI H Syamsul Bahri mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Bupati OKI beserta jajaran. “Karena sejak berangkat kami jemaah haji diantar sampai ke pemondokan, diberikan uang saku, mendapat pendampingan selama di tanah suci, pulangnya dijemput dan diantar sampai ke rumah. Hari ini (kemarin, red) kami diarak keliling kota Kayuagung dan di jamu,” tuturnya sambil tersenyum.

Sementara itu, Bupati OKI H Ishak Mekki menyebutkan, tradisi ini akan terus dipertahankan. “Tradisi ini untuk mensyiarkan agama Islam sekaligus juga untuk silaturahmi. Harapannya mampu menggugah warga masyarakat yang mampu tapi belum ada niat naik haji agar naik haji,” ujarnya.

Menurut Ishak, minat masyarakat OKI untuk menunaikan ibadah haji setiap tahun makin tinggi. “Ini menandakan perekonomian masyarakat semakin baik dan tingkat keimanan masyarakat juga baik,” pungkasnya.

Setelah menerima arak-arakan, acara dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah agama dari Ust H Taufik Hasnuri serta pemberian secara simbolis insentif kepada guru ngaji dan P3N se-Kabupaten OKI. Insentif juga diberikan kepada hafidh/hafidhah serta bantuan alat belajar kepada TK/TPA Alquran.

-

Arsip Blog

Recent Posts