25 Mahasiswa Australia Belajar Budaya Indonesia

Salatiga, Jateng - Sebanyak 25 mahasiswa Australia belajar bahasa dan budaya Indonesia di Salatiga. Para mahasiswa yang didominasi dari Australia National University (ANU) tersebut, mengikuti Program Intensif Belajar Bahasa dan Budaya Indonesia (PIBBI) ke-62.

PIBBI merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun. Para mahasiswa asing tersebut akan mengikuti program tersebut hingga 15 Februari mendatang.

PIBBI ke-62 dibuka Rektor UKSW John Titaley, baru-baru ini. Sebagaimana biasa, John menyambut hangat dan mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa yang datang guna memperdalam bahasa dan budaya Indonesia.

"Selamat datang di kampus Satya Wacana dan Salatiga. Saya berharap peserta PIBBI dapat mengikuti program ini dengan baik. Kami juga mengucapkan terima kasih untuk pihak-pihak yang mendukung terselenggaranya program ini, khususnya Australia National University," ungkap Guru Besar Ilmu Teologi tersebut.

Direktur Language Training Center UKSW Dian Widi Sasanti mengungkapkan, selain pembelajaran di dalam kelas, para peserta PIBBI juga akan belajar bahasa dan budaya Indonesia lewat kunjungan ke pasar, pesantren dan perkebunan tanaman organik di Salatiga. Selama di Salatiga, sebagian besar di antara mereka akan tinggal di rumah dosen atau penduduk.

Salah satu program yang diikuti peserta PIBBI adalah kelas budaya. Dian mengatakan, kelas budaya kali ini meliputi kelas membatik, memasak dan olahraga beladiri asli Indonesia, pencak silat.

"Hasil belajar peserta PIBBI di kelas budaya akan ditampilkan pada acara 'Siang Budaya', 30 Januari mendatang," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts