Lestarikan Budaya Melayu Jambi

Jambi - Dalam upaya melestarikan Budaya melayu Jambi, dan memperkenalkan warisan budaya peninggalan para leluhur, serta menghindari pengaruh budaya asing bagi generasi muda, Pemerintah Provinsi Jambi, pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 56 Provinsi Jambi, tanggal 6 Januari 2013, untuk pertama kalinya melaksanakan upacara bendera secara serentak di seluruh daerah dalam Provinsi Jambi, Kabupaten/Kota, hingga ke desa-desa bahkan di setiap sekolah yang ada di Provinsi Jambi dengan mengenakan busana Melayu Jambi.

Untuk tingkat Provinsi Jambi, upacara dilaksanakan di lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Senin (7/1/2013), bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum, dan sebagai Komandan Upacara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi, Drs. H. Satria Budhi, MM, yang diikuti oleh anggota Forkompinda Provinsi Jambi, seluruh pejabat dan PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, semuanya juga berbusana Melayu Jambi.

Rangkaian pelaksanaan upacara dilaksanakan sebagaimana upacara biasa. Hanya saja dalam rangka memberingati HUT ke 56 Provinsi Jambi ini, upacara diawali dengan mendengarkan dua lagu daerah Jambi, (Tanjung Bajurei dan Serampang Bakilek), yang dibawakan oleh mahasiswa/mahasiswi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nurdin Hamzah Jambi, dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat terbentuknya Provinsi Jambi, oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, H. Abdul Halim, SE.

Sehari sebelumnya di Jambi juga digelar pawai budaya, yang diikuti oleh seluruh SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Kota Jambi, Kecamatan hingga kelurahan dalam kota Jambi, para peserta menampilkan berbagai kesenian dari berbagai daerah di Provinsi Jambi, juga dari berbagai daerah di Indonesia yang ditampilkan oleh warga Jambi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan dari berbagai etnis Teong Hoa, Arab, dan yang lainnya. Disamping itu pada Senin Malam juga dilaksanakan acara malam keagungan Melayu Jambi, yang digelar di Abadi Comvention Centre, Jambi, dan pada Selasa malam (8/1/2013) akan dilaksanakan hiburan rakyat, yang dilaksanakan di jalan A. Yani Telanaipura/depan kantor Gubernur Jambi.

Seusai Upacara Bendera, pada peringatan HUT ke 56 Provinsi Jambi ini juga dilaksanakan Rapat paripurna Istimewa, yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Effendi Hatta, SE, dan dihadiri oleh Menteri Pendidikan RI, Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Nuh, DEA, seluruh Wakil Ketua dan anggota DPRD Provinsi Jambi, seluruh anggota Forkompinda Provinsi Jambi, para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan undangan lainnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts