Lima Seniman RI Tampil di Italia

Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung lima seniman Indonesia tampil dalam 55 th International Art Exhibition of the Venice Biennale di Venice, Italia, Juni hingga November 2013.

Pameran seni rupa kontemporer tertua dan paling bergengsi di dunia ini, diadakan setiap dua tahun sekali. Lima seniman Indonesia yang terdiri dari Albert Yonathan Setyawan, Eko Nugroho, Entang Wiharso, Sri Astari, dan Titarubi akan memamerkan karya-karya terbaiknya di Paviliun Indonesiadalam ajang pameran dunia tersebut.

Paviliun Indonesia seluas 500 meter persegi yang berlokasi di Arsenale sebagai salah satu dari venue utama perhelatan, telah dikontrak oleh produser Bumi Purnati dengan penjamin Kemenparekraf. Hadirnya Paviliun Indonesia dan para perupa ini menandai bahwa seni rupa Indonesia siap menjadi pemain di panggung dunia.

"International Art Exhibition of the Venice Biennale ini merupakan pameran seni rupa kontemporer paling bergengsi di dunia. Kita ingin menampilkan karya para perupa Indonesia yang berkaliber dunia, sekaligus mempromosikan pariwisata dan industri kreatif Indonesia," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwadar, di Jakarta, Kamis (10/1/2013.

Sapta mengatakan, pemerintah terus mendorong agar karya perupa Indonesia mendunia, untuk itu partisipasi perupa Indonesia dalam even 55th International Art Exhibition of the Venice Biennale akan didukung denganmengalok asikan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar.

Dukungan dana ini, kata Sapta, jangan dilihat sebagai pembelanjaan, tetapi suatu investasi karena akan memberikan dampak terhadap pencitraan Indonesia sertabenefit berupa pemberitaan dari kegiatan tersebut.

-

Arsip Blog

Recent Posts