Robo-robo 2013 Dimulai, Raja Mempawah Pimpin Ziarah ke Makam ODM

Mempawah, Kalbar – Rangkaian acara dan kegiatan event budaya robo-robo 2013 telah dimulai. Hari ini, Selasa (8/1), dilanjutkan dengan ziarah ke makam Opu Daeng Menambon (ODM) di Dusun Sebukit Rama, Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir.

Rencananya, kegiatan ziarah itu dipimpin langsung Raja Mempawah Pangeran Ratu Mulawangsa Dr Ir Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim MSc. Dimulai sekitar pukul 08.00 pagi. Rombongan akan berangkat dari Keraton Amantubillah Mempawah dan menelusuri anak Sungai Mempawah hingga mencapai daerah Sebukit Rama.

“Sesuai jadwal dan agendanya, besok (hari ini, red) akan dilaksanakan ziarah ke makam ODM di Sebukit Rama. Ziarah ini dilakukan sesepuh Kerajaan Mempawah beserta rombongan pejabat Pemerintah Kabupaten Pontianak,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kebudayaan (P2K) Kabupaten Pontianak Suharjo Lie.

“Raja Mempawah beserta rombongan akan berangkat menggunakan kapal air menuju Sebukit Rama. Rombongan akan dikawal pasukan laskar ODM dan Sat Pol PP dari Pemkab Pontianak,” tuturnya.

Setelah kegiatan ziarah ke makam ODM imbuh dia, prosesi event budaya robo-robo akan dilanjutkan pada Rabu (9/1) sekaligus menjadi puncak acara. Yakni, Raja Mempawah beserta rombongan dengan menggunakan kapal air akan berangkat dari muara Desa Benteng menuju ke muara Sungai Kuala Mempawah.

“Seperti biasanya, setelah sampai di muara Sungai Kuala Mempawah rombongan Raja Mempawah akan melakukan acara tolak bala diikuti ratusan warga yang juga menggunakan kapal air,” ujarnya.

Sedangkan para tamu undangan, lanjut Suharjo, akan standby menunggu di tenda yang berada di lokasi Pelabuhan Perikanan Indonesia (PPI) Kuala Mempawah. Hingga prosesi tolak bala selesai dan rombongan Raja Mempawah bergabung bersama tamu undangan lainnya.

“Acaranya akan diisi dengan hiburan berupa tari-tarian penyambutan tamu. Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan dari Raja Mempawah, Pemprov Kalbar, dan Pemkab Pontianak,” sebutnya.

“Selain itu, nuansa berbeda pada event budaya robo-robo tahun 2013 ini adalah rombongan anak Raja Mempawah beserta pasukan laskar ODM akan menggelar kirab dengan menggunakan kereta kencana dari Keraton Amantubillah Mempawah menuju ke lokasi robo-robo di areal pelabuhan Kuala Mempawah,” terangnya.

Masih dalam upaya memeriahkan perayaan event budaya robo-robo 2013, pihaknya juga mempersiapkan berbagai acara hiburan dan lomba tradisional. Seperti lomba tangkap bebek, sampan bidar, sampan dragon, dan lainnya.

Untuk kegiatan lomba ini juga akan diikuti oleh daerah luar, yakni tim dayung dari Provinsi Bangka Belitung (Babel). Termasuk akan dihadiri pejabat dari Provinsi Babel mulai dari Gubernur Bangka Belitung Ir H Eko Maulana Ali dan Wakil Gubernur Rustam Effendi BSc beserta istri.

Kemudian, Ketua DPRD Provinsi Babel H Ismiryadi, Kapolda Babel Brigjend Polisi Budi Hartono Untung, Kejati Babel Budiono SH, Bupati Bangka Selatan H Jamro H Jalil. Dan 12 kepala SKPD dan sepuluh lembaga adat Melayu dari Bangka Belitung. Komandan Korem 045 Garuda Jaya Kolonel Didied Pramoedito, Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Isbandi Andrianto, serta raja-raja se-Nusantara.

-

Arsip Blog

Recent Posts