Tamu Undangan Makan Saprahan di Arena Robo-robo

Mempawah, Kalbar – Pemerintah Kabupaten Pontianak bekerja keras mempersiapkan berbagai rangkaian acara dan kegiatan untuk menyukseskan perayaan event pariwisata Robo-robo 2013 di Kuala Mempawah. Selain kegiatan seremonial, panitia mempersiapkan berbagai acara lomba tradisional.

“Pada hari puncak pagelaran event budaya Robo-robo besok (hari ini, red) seluruh persiapan sudah matang dan selesai. Seluruh persiapan berjalan dengan baik dan lancar,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kebudayaan (P2K) Kabupaten Pontianak Suharjo Lie kepada koran ini, Selasa (8/1) sore, di Mempawah.

Suharjo mengungkapkan, pada puncak perayaan kalender wisata Robo-robo 2013 pihaknya telah mempersiapkan susunan dan rangkaian kegiatan. Baik kegiatan bersifat seremonial hingga berbagai lomba tradisional dan hiburan.

“Kegiatan utamanya yakni prosesi acara tolak bala yang dipimpin Raja Mempawah beserta rombongan di muara sungai Kuala Mempawah. Sambil menunggu kedatangan rombongan raja, maka para tamu undangan akan kita suguhkan dengan hiburan,” tutur Suharjo.

Hiburan tersebut, ungkap dia, misalnya tarian multietnis, sekapur sirih, pantun berdendang (tundang), tarling, dan lainnya. Hiburan itu sekaligus menyampaikan pesan tentang kekayaan dan keragaman seni budaya yang ada di Kabupaten Pontianak kepada para pejabat dan tamu undangan baik di Kalbar maupun luar Kalbar.

“Setelah Raja Mempawah beserta rombongan bergabung dengan tamu undangan, maka acara kita lanjutkan dengan kegiatan seremonial untuk meresmikan digelarnya event budaya Robo-robo 2013 di Kuala Mempawah,” paparnya.

Selanjutnya, jelas Suharjo, para tamu undangan yang hadir mulai dari pejabat daerah Pemkab Pontianak, Pemprov Kalbar, sesepuh Kerajaan Amantubillah Mempawah, pejabat di Kalbar dan luar Kalbar hingga raja-raja di Kalbar maupun se-Nusantara akan makan saprahan bersama di arena Robo-robo.

“Kita sudah mempersiapkan berbagai menu makanan khas masyarakat Kota Mempawah untuk jamuan makan saprahan bersama seluruh tamu undangan. Kita juga mempersiapkan makanan untuk masyarakat umum lainnya,” sebutnya.

Kemudian, masih dikatakan Suharjo, tamu undangan akan dihibur dengan acara lomba. Pihaknya telah mempersiapkan berbagai lomba tradisional untuk memeriahkan dan menyemarakkan perayaan event wisata Robo-robo 2013 tersebut.

“Lomba tradisional yang akan kita gelar yakni panjat pinang, tangkap bebek berhadiah bebek dan uang, sampan bidar, dragon boat dan lainnya. Kemudian, acara lomba juga dilanjutkan pada malam hari yakni lomba tanglung yang akan dilaksanakan di Sungai Mempawah,” bebernya.

Dia berharap pelaksanaan event wisata Robo-robo 2013 ini berlangsung semarak dan sukses. Terutama faktor cuaca diharapkan dapat mendukung puncak perayaan Robo-robo hingga seluruh rangkaian acara kegiatan seremonial, lomba, dan hiburan dapat dilaksanakan.

“Mudah-mudahan tidak turun hujan sehingga seluruh acara berjalan lancar. Kita berharap perayaan Robo-robo tahun ini dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan seni dan budaya di Kabupaten Pontianak,” pungkasnya.

Selain dihadiri para pejabat daerah di Kalbar, raja-raja di Kalbar dan se-Nusantara, puncak perayaan Robo-robo tahun 2013 ini juga kedatangan tamu pejabat dari Pemprov Bangka Belitung (Babel) dan Pemkab Bangka Barat. Diperkirakan rombongan sebanyak 49 pejabat itu akan dipimpin oleh Gubernur Bangka Belitung Ir. H. Eko Maulana Ali.

-

Arsip Blog

Recent Posts