Ketika Tenun Gayo Dikawinkan Desainer

Ilustrasi Baju Tenun Gayo
Jakarta - Sonny Muchlison, 51, kritikus mode sekaligus desainer, akan menampilkan 10 karyanya di perhelatan Indonesia Fashion Week di Jakarta, Sabtu (16/2), pukul 13.00 WIB di Jakarta Convention Center.

Kesepuluh karyanya itu koleksi khusus untuk fesyen pria dengan tema Emerald of The South East. Salah satu yang ia tunjukkan ialah jaket pria dengan kerah model Nehru yang ia beri nama The Indigo Nehru.

"Untuk membuat baju ini, saya mendapatkan kain batik gedogan dari Monthong Kerek Tuban ketika Tamasya Batik Desember lalu. Sekarang sudah jadi dan siap dipamerkan," ujarnya.

Ia pun membuktikan dengan cara mengawinkan kain-kain khas satu daerah dengan daerah lain yang menjadi produk fesyen termasuk tas dan aksesoris.

Melalui Blackberry Messenger, ia pun mengirimkan gambar hasil desainnya.

"Ini tenun ikat Lombok kombinasi jumputan Palembang, kemudian batik Tulungagung dikombinasi dengan songket Lombok, dan ada lagi sarung dan selendang sulam Gayo Aceh yang saya buat jas dan tas,” ungkapnya.

Tidak lupa ia mengajak semua orang untuk datang dalam acara ini.

“Ratusan bahkan jutaan kesempatan di ajang ini sekaligus mengingatkan kita tentang keindahan dan betapa kayanya warisan budaya Indonesia.

-

Arsip Blog

Recent Posts