Bengkulu Helat Tiga Festival Budaya

Jakarta - Pemerintah Provinsi Bengkulu baru saja meluncurkan program dalam tajuk “Semarak Pesona Bumi Rafflesia Provinsi Bengkulu”. Ada tiga acara yang akan meramaikannya.

Percaya diri memiliki potensi alam, budaya, serta sejarah yang dapat mendukung berkembangnya sektor pariwisata, Pemerintah Provinsi Bengkulu meluncurkan tiga perhelatan berskala nasional dan internasional. Ketiga perhelatan tersebut masuk kalender pariwisata Bumi Rafflesia, yang diharapkan mampu menarik lebih banyak wisatawan.

Ketiga perhelatan utama yang akan diselenggarakan oleh Provinsi Bengkulu, meliputi Festival Bumi Rafflesia, Festival Pantai Rafflesia, dan Festival Tabot. Festival Bumi Rafflesia akan berlangsung pada 27-30 Juni 2013, menampilkan keindahan alam di Bengkulu. Festival ini dilatarbelakangi fakta sejarah jika bunga terbesar di dunia, rafflesia arnoldi, pertama kali ditemukan di Bengkulu. Selama Festival Bumi Rafflesia berlangsung, akan ada acara lainnya, seperti membatik dan kompetisi olahraga.

Sementara, Festival Pantai Rafflesia akan berlangsung 27-31 September 2013. Sesuai namanya, festival ini akan menitikberatkan promosi keindahan pantai yang ada di Bengkulu. Nantinya digelar kompetisi selancar nasional, voli pantai, sepeda lintas alam, serta pergelaran seni budaya dan hasil alam Bengkulu.

Dan, Festival Tabot yang berlangsung setiap tahunnya pada 1-10 Muharram kalender Hijriah atau tahun ini jatuh pada 4-14 November 2013. Festival budaya ini dilatarbelakangi oleh tradisi ritual Keluarga Kerukunan Tabot. Acara wisata budaya ini akan dimeriahkan oleh berbagai kearifan lokal khas Bengkulu.

Ketiga perhelatan Akbar tersebut diharapkan dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi wisatawan ke Bengkulu. Walaupun begitu, Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah tidak menargetkan jumlahnya.

“Kami tidak berani menargetkan jumlah pengunjung atau wisatawan karena ini baru pertama kali kami promosi berskala nasional. Setidaknya, kami ingin mengenalkan potensi wisata Bengkulu ke seluruh masyarakat Indonesia,” katanya di Jakarta, baru-baru ini.

-

Arsip Blog

Recent Posts