Konser Nusantara, Ikat Mesra Dua Bangsa Serumpun

Kuala Lumpur, Malaysia - Sejumlah artis Indonesia seperti Rossa, Endang S Taurina, dan Elly Kasim serta sejumlah artis Malaysia, yakni Siti Nurhaliza, Hafiz, dan Yusni Hamid tampil dalam Konser Nusantara di Istana Budaya, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (7/3) malam.

Para penyanyi dari dua negara bertetangga ini membawakan sejumlah lagu baik secara perseorangan, duet ataupun bersama-sama yang diiringi suara gamelan, angklung, talempong, bedug, orchestra, dan dilengkapi dengan atraksi sejumlah kesenian daerah di Indonesia dan Malaysia.

Indonesia dan Malaysia menggelar konser nusantara ini untuk memperlihatkan bahwa hubungan mesra antara kedua bangsa serumpun ini tetap terjaga dan terjalin dengan baik.

Duta Besar RI untuk Malaysia Herman Prayitno menyatakan adanya kegiatan konser nusantara ini bisa menjadikan hubungan antarmasyarakat kedua Negara terus dieratkan melalui jalur seni dan budaya.

Dengan mengetahui seni dan budaya, kata Herman, kedua belah pihak bisa saling mengamati, memahami dan mengetahui kebudayaan kedua bangsa serumpun ini.

"Dari dulu kita serumpun, pasti ada kemiripan dan ada perbedaan. Melalui kegiatan seperti konser nusantara ini, kita bisa mengetahui akar budaya masing-masing," ungkapnya.

Senada diucapkan Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia Rais Yatim. Rais menyebut konser tersebut diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan hubungan baik kedua Negara.

Rais mengatakan bahasa seni itu tidak terbataskan sehingga bisa menjadi saluran ampuh untuk menyelesaikan riak-riak kecil yang mungkin timbul dalam perjalanan hubungan kedua negara bertetangga.

"Konser ini dimaksudkan untuk mengaktifkan keterlibatan masyarakat kedua negara dalam usaha menjalin hubungan yang lebih erat dan mesra," ungkap Rais.

-

Arsip Blog

Recent Posts