Monumen Mac Arthur

Monumen Mac Arthur terdapat di sebuah bukit di mana pasukan sekutu di bawah komando Jenderal Mac Arthur, mendirikan markas ketika perang dunia kedua. Untuk memperingati peristiwa setengah abad yang lalu, kemudian dibangunlah sebuah taman kecil dengan sebuah monumen di tengahnya. Situs ini terdapat di gunung Ifar, terletak di komplek RINDAM (Resimen Induk Daerah Militer / orangtua resimen daerah militer) XVII Cendrawasih.

Monumen ini terletak di sebuah taman terbuat dari semen dan cat berbentuk pentagon kuning dan hitam. Di tengah-tengah monumen ini ada semacam prasasti yang berisi informasi tentang sejarah lokasi markas pasukan sekutu pada musim panas 1944. Di lokasi ini juga terdapat foto-foto museum sejarah pendaratan tentara Mac Arthur di Jayapura. Menurut penjaga museum, foto-foto itu dikirim secara khusus oleh pemerintah AS untuk museum ini.

Museum ini juga menampilkan lambang logam berbentuk elang yang pernah menghiasi topi sang jenderal. Lambang ini ditemukan tidak sengaja di tengah-tengah hutan gunung Ifar. Selain wisata sejarah, monumen Mac Arthur juga menjadi Bukit tempat pengamatan Danau Sentani. Karena tingginya bukit ini, pengunjung dapat menikmati panorama yang indah dari Danau Sentani yang terlihat biru dengan pulau-pulau di tengah.

Bandara Sentani terletak di sisi barat danau ini juga terlihat jelas, lengkap dengan “show” pesawat yang terbang dan pergi, “take off” dan “mendarat”. Pemandangan dan aktivitas kota Sentani juga dapat diamati di tempat ini.

***

Sumber: http://merantaw.blogspot.com/2012/02/monumen-mac-arthur.html
-

Arsip Blog

Recent Posts