Setengah Lusin Seni "ARTE Indonesia Arts Festival 2013"

Jakarta - Sebanyak enam jenis seni yang terdiri dari Visual Art, Performing Art, Culinary Art, Film Festival, Music Performances, dan Art Market, bakal mengisi "ARTE Indonesia Arts Festival 2013", sebuah festival seni yang digarap akan digelar pada 29-31 Maret 2013.

Menurut Puri Ayu Enterprise dan Asia Expo --pihak penyelenggara--, industri seni Indonesia, khususnya seni visual, musik, kerajinan tangan, dan seni pertunjukan, tengah mengalami perkembangan yang pesat. Seiring hal tersebut, muncul ide festival seni ini, yang bertujuan untuk memberikan sebuah wadah bagi para penikmat seni, dan juga bagi para seniman untuk saling berinteraksi.

"Acara ini meamng baru pertama kali diselenggarakan. Mudah-mudahan akan bisa terlaksana setiap tahunnya, sehingga teman-teman pelaku seni memiliki wadah untuk bertemu dengan para pecinta seni dalam menampilkan karyanya," papar Ketua Pelaksana "ARTE Indonesia Arts Festival 2013" Ayu Vibrasita kepada wartawan, Kamis (21/3) siang, di kawasan Senopati, Jakarta.

"Dan tentunya sisi edukasi juga kami utamakan di acara ini, agar seni Indonesia bisa terus maju pesat di masa depan," Ayu, menambahkan.

Dalam Performing Art, "ARTE Indonesia Arts Festival 2013" akan menampilkan sepuluh grup musik anak negeri, seperti Pure Saturday, White Shoes & The Couples Company, Payung Teduh, Float, The Trees & The Wild, Sigmun, Dried Cassava, Jirapah, Zeke Khaseli & The Wrong Planeteers, dan Cleo. Selain itu juga penampilan tarian dari Fabas Art.

Sementara Culinary Art, bakal menampilkan seni memasak dari chef Adrian Ishak, duo chef Ivan dan Chef Nand.

Untuk acara Film Festival, terdapat tujuh film produksi dalam negeri maupun mancanegara. Film-film yang terdapat dalam kategori ini, merupakan hasil karya yang telah lulus seleksi pada sejumlah festival film dunia, seperti Cannes Film Festival, Busan Film Festival, atau Venice Film Festival.

Pada segmen Art Market, pihak penyelenggara mendukung para pelaku seni untuk memasarkan produknya, dengan menyediakan area bazaar.

"Kepada para pecinta seni, kami mengundang teman-teman sekalian untuk datang ke acara kami. Kapan lagi bisa ada acara festival sebesar ini, dan gratis!" kata Ayu, seraya berpromosi.

Menurut rencana "ARTE Indonesia Arts Festival 2013" akan diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

-

Arsip Blog

Recent Posts