Tim Perancis Tampil di Legu Gam

Ternate, Malut - Kedutaan Besar (Kedubes) Perancis di Jakarta akan ambil bagian pada Festival Legu Gam di Ternate, Maluku Utara, 1-14 April 2013 dengan menampilkan sejumlah kegiatan dan promosi kebudayaan.

"Kedubes Prancis akan mendatangkan salah satu grup band di Prancis untuk tampil pada Festival Legu Gam tersebut," kata Ketua Panitia Festival Legu Gam yang juga Wakil Wali Kota Ternate Arifin Djafar di Ternate, Senin.

Keterlibatan Kedubes Prancis pada festival yang merupakan kegiatan tahunan Kesultanan Ternate tersebut merupakan hasil kerja sama antara Kesultanan Ternate dengan Kedubes Prancis di Jakarta untuk memperkenalkan kebudayaan Prancis di daerah penghasil rempah-rempah ini.

Ia mengatakan keterlibatan Kedubes Prancis untuk menampilkan berbagai kegiatan yang terkait dengan promosi kebudayaan tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan daya tarik wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Selain Kedubes Prancis, sedikitnya 18 kota di Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Wilayah VI juga akan ambil bagian pada festival yang digelar untuk memeriahkan ulang tahun kelahiran Sultan Ternate Mudhafar Sjah tersebut.

Menurut Arifin, panitia telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk menyemarakan festival yang telah masuk dalam kalender pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut, di antaranya penampilan budaya dan kesenian tradisional Kesultanan Ternate serta seluruh kesultanan lainnya di Malut.

Selain itu, akan menampilkan karnaval budaya, seminar budaya, berbagai jenis lomba terkait dengan kebaharian, seperti lomba perahu tradisional (kora-kora) serta Expo Malut untuk mempromosikan potensi pariwisata dan investasi di daerah ini.

"Sejumlah Dubes negara sahabat dan sultan atau raja dari berbagai kerajaan di Indonesia serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan tokoh nasional dipastikan akan hadir pula pada Festival Legu Gam tersebut," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts