Kirab Budaya Semarakkan Hari Jadi Demak

Demak, Jateng - Parade seni dan kirab budaya dalam rangka memperingati HUT ke-510 Kabupaten Demak akan dilangsungkan Minggu (7/4). Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Demak, Drs Muhamad Ridwan menyatakan, bahwa acara kirab budaya ini baru kali pertama digelar.

Pesta rakyat yang nantinya menjadi agenda tahunan ini menampilkan beragam budaya nusantara, di dalamnya ada akulturasi budaya yang telah diwariskan turun temurun. Kirab budaya dijadwalkan dimulai pukul 13.00, namun penutupan dan pengalihan arus lalu lintas akan dimulai lebih awal.

"Rute kirab dimulai dari pertigaan Jalan Sultan Fatah atau depan terminal, sedangkan berakhir di pertigaan Tugu Blimbing atau depan Makodim," katanya, Jumat (5/4).

Rute arak-arakan parade kirab dari pertigaan Jalan Sultan Fatah dilanjutkan menuju arah alun-alun - depan kantor Bank Jateng - depan rumah tahanan (rutan) - special stage (panggung kehormatan), pertigaan pecinan - pertigaan Tugu Blimbing. Kirab tersebut diikuti ribuan peserta, bahkan kelompok kesenian dari kabupaten/kota tetangga turut memeriahkan kegiatan tersebut.

"Ada rombongan kesenian dari Kabupaten Jepara, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Rembang yang memastikan diri bakal tampil. Mereka akan menampilkan kesenian rakyat unggulan dari daerahnya masing-masing," imbuhnya.

Adapun peserta kesenian kirab nantinya diberi durasi tiga menit untuk tampil di depan panggung kehormatan. Penampilan tersebut sesuai dengan tema kirab yakni "Menumbuhkembangkan Kecintaan Terhadap Seni dan Budaya Sebagai Jati Diri Bangsa."

Para peserta terdiri atas kelompok kesenian perwakilan dari masing-masing kecamatan, sekolah dan sanggar seni se-Kabupaten Demak. Mereka diharuskan menampilkan jenis kesenian rakyat unggulan daerah dan bukan pameran hasil bumi.

-

Arsip Blog

Recent Posts