Aneka Atraksi Budaya Akan Ramaikan Hari Nusantara 2013 di Sulteng

Jakarta - Beragam atraksi wisata, workshop dan pertunjukan akan digelar dalam peringatan Hari Nusantara 2013. Tahun ini, tuan rumahnya adalah Sulawesi Tengah, tepatnya di Kota Palu. Beragam keindahan laut pun akan dipamerkan.

Berawal dari Deklarasi Juanda 1957, yaitu "Bangsa Indonesia menjadi negara kepulauan sebagai konsepsi kewilayahan untuk mewujudkan wawasan Nusantara", peringatan Hari Nusantara digelar. Setiap tahun, acara diadakan di tempat berbeda yang identik dengan potensi baharinya.

Tahun ini peringatan Hari Nusantara 2013 diadakan di Palu, Sulawesi Tengah. Acara yang berpuncak pada 13 Desember 2013 mendatang memiliki banyak rangkaian kegiatan.

"Ada seminar nasional dan bincang tentang laut, gelar seni budaya, pameran produk, tarian serta musik dengan tema bahari," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dalam konferensi pers Hari Nusantara 2013 di Ruang Pulau Bidadari, Mercure Hotel Ancol, Jakarta Utara, belum lama ini.

Masih banyak lagi acara pendukung yang menarik antara lain Indonesia World Underwater Photo Contest 2013, dan Indonesia Fishing Tournament yang terbuka untuk umum. Tambah Mari, ada juga pemilihan Putera dan Puteri Laut, bersih-bersih laut dan penanaman hutan bakau di acara itu.

Sedangkan mengapa dipilih Sulawesi Tenggara adalah sebagian besar kawasan di sana adalah bahari. Bisa dibilang, Sulteng sebagai provinsi maritim. Melengkapi keseruan acara, rencananya akan ada parade kapal perang di sana.

"Nanti ada sailing kapal perang di Teluk Palu, di pusat tempat acara yaitu di Palu," tambah Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola dalam acara yang sama.

-

Arsip Blog

Recent Posts