Festival Besemah Pagaralam Digelar

Pagaralam, Sumsel - Festival Besemah ke-XI digelar dalam rangka memeriahakan HUT Kota ke 12 dan akan dipusatkan di Alun-alun Kota Pagaralam, Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara. Festival ini bakal diikuti sedikitnya 10 tim kesenian dari berbagai sanggar kesenian kota/kabupaten di Provinsi Sumsel dan Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pagaralam Ibnu Fajar didampingi Ketua Pelaksana Suhartini melalui Kasi Promosi dan Pentas Budaya Daflis Jhoni mengatakan, festival besemah digelar sebagai upaya pelestarian sekaligus menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya yang ada di Sumatera Selatan khususnya dan daerah lainnya, juga sebagai sarana mempererat hubungan silaturahmi antar instansi maupu masyarakat daerah tetangga.

”Festival besemah dilaksanakan selama tiga hari mulai 22 hingga 24 Juni 2013, mengagendakan aneka pentas seni dan budaya mulai dari teater, tari khas daerah masing-masing peserta, lagu daerah, gitar tunggal, sendra tari dan lainnya,” terangnya.

Para peserta yang ikut pentas dalam festival besemah ini akan mendapatkan uang pembinaan, tropi, dan sertifikat dari Pemerintah Kota Pagaralam.

“Hingga kini sudah ada sedikitnya 10 tim kesenian dari berbagai sanggar yang mendaftarkan diri ikut serta dalam festival besemah, diantaranya dari daerah kepahyang, Manna, Rejang Lebong, Lubuk Linggau, Muara Enim, Lahat dan daerah lainnya,” terangnya.

Sementara itu kata Davlis, untuk festival besemah nantinya akan dibuka langsung oleh Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Mkes, juga bakal dihadiri sejumlah pejabat daerah Kota/Kabupaten tetangga.

“Festival besemah ke 11 juga melibatkan sejumlah sanggar kesenian pelajar yang ada di Kota Pagaralam. Generasi muda harus diikutsertakan agar perkembangan seni budaya ini tetap lestari dan selalu memiliki penerus yang siap berkembang,” tukasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts