Festival Derawan 2013 Siap Awali Sail Komodo

Jakarta - Salah satu upaya promosi kekayaan pariwisata daerah adalah dengan menyelenggarakan festival budaya. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan Festival Derawan 2013.

Festival Derawan 2013 akan berlangsung pada Juni-September 2013 dan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sail Komodo 2013. "Derawan adalah destinasi wisata yang unik. Derawan juga merupakan salah satu destinasi yang sedang kami dorong pertumbuhannya," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (19/6/2013).

"Juni ini sudah ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan terkait Festival Derawan, seperti underwater photography, press tour, dan juga pemecahan rekor dari penyelam-penyelam senior," sahut H. Awang Faroek Ishak, Gubernur Kaltim, pada kesempatan yang sama.

Pada Agustus akan ada fishing competition, seminar pulau koral, pameran, pertunjukan musik, dan turnamen terjung payung. "Terjun payungnya unik, karena mendaratnya bukan di darat, tapi di laut," tukas Awang.

Kepulauan Derawan merupakan salah satu Destination Management Organization (DMO) yang ditetapkan oleh Kemenparekraf. Kepulauan ini mengutamakan ecotourism dan wisata bahari sebagai potensi pariwisatanya.

Derawan terkenal sebagai salah satu destinasi wisata selam terbaik di Indonesia. Di Derawan juga ada Pulau Kakaban, yang memiliki danau penuh dengan ubur-ubur tak beracun.

-

Arsip Blog

Recent Posts