Eksistensi Batik Tangerang di Festival Muslimah

Tangerang, Banten - Batik khas Tangerang diperkenalkan kembali, melalui Tangerang Women Muslim Festival 2013. Ajang fashion show hijab ini berlangsung di Tangcity Mall, 5-6 Juli 2013. Para finalis Nong Kota Tangerang, rencananya akan memerlihatkan secara khusus busana khas Tangerang ini.

“Batik yang dikreasikan dengan nuansa hijab islami akan dipamerkan 6 Juli 2013,” kata Ramdan Sudrajat selaku Ketua Panitia Penyelenggara Tangerang Women Muslim Festival 2013. Beberapa motif batik yang akan dipamerkan antara lain: Motif Sabakingking, Mandalikan, Srimanganti, Pasepen, Pejantren, Pasulaman, Kapurban, Kawangsan, Pamaranggen, Surosowan, Pancaniti dan Datu Laya.

Batik Benteng merupakan pengembangan dari budaya asli benteng Kota Tangerang, juga akan ikut dipamerkan. Motif Batik Benteng lebih kental menggambarkan paduan akullturasi antara budaya Banten dan Tionghoa. Koleksi Batik Benteng ini adalah hasil desain pengembangan Nelty, salah satu budayawan batik yang kerap ikut melestarikan batik di Banten.

Aktivis Pelestari Batik Tangerang H Machdiar mengatakan, batik salah satu budaya peninggalan Banten. Pendapat tersebut, dibuktikan dari beberapa arkeolog studi peninggalan Keraton Surosowan Kesultanan Banten. Dalam sejarahnya batik Tangerang memang sempat tenggelam selama berabad-abad. Padahal ada beberapa motif batik yang sangat unik khas guratan tradisi asli Banten.

-

Arsip Blog

Recent Posts