STAI Seminarkan Sejarah Kesultanan Melayu Sambas

Sambas, Kalbar - Guna meningkatkan wawasan mahasiswa mengenai sejarah Kesultanan Sambas, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sultan Muhammad Tsafiuddin Sambas, Selasa (25/6) menggelar Seminar Potret Sejarah Kesultanan Melayu Sambas di Aula utama Kantor Bupati Sambas.

Sejumlah narasumber berkompeten dihadirkan dalam seminar tersebut. Diantaranya, Wakil Bupati Sambas Dr Pabali Musa MAg dengan materi ‘Dinamika Kesultanan Sambas Abad ke XVII-XX Dari Tinjauan Sosial Politik’, Ir H Burhanuddin A Rasyid dengan materi ‘Melayu Sambas Dari Tinjauan Sosial Budaya Dalam Menyongsong Melayu Gemilang’, M Sabirin AG BA dengan materi ‘Menyonsong Kemerdekaan Dari Tinjauan Historis’, dan Uray Reza Fahmi SPd yang membawakan materi ‘Eksistensi Kesultanan Melayu Sambas Dalam Dinamika Kehidupan Sosial’.

Rusiadi mewakili Ketua STAI Sambas, Jamiat Akadol dalam sambutannya menjelaskan, seminar ini merupakan rangkaian dari Program Kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Adab STAI Muhammad Tsafiuddin Sambas. “Tujuannya untuk mendapatkan masukan dan kritikan yang membangun. Alhamdulillah dalam pelaksanaannya, kita banyak mendapatkan dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak,” kata Rusiadi.

Menurutnya, seminar ini merupakan kegiatan awal pengkajian sejarah berdasarkan sudut pandang ilmiah, dan menumbuhkan rasa cinta akan sejarah Sambas. Sehingga jati diri dan sejarah Sambas tetap terjaga. “Dalam seminar dilakukan diskusi aktif, tentunya bersama pemateri yang merupakan penggiat dan pemerhati sejarah, khususnya eksistensi budaya Melayu Sambas yang menjadi target dan sasaran dalam diskusi ini,” jelasnya.

STAI Sambas berharap, diadakannya Seminar Sejarah Kesultanan Melayu Sambas dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi peserta, khususnya mahasiswa STAI Sambas. Sehingga hasil seminar ini dapat menjadi acuan mahasiswa dalam mendalami sejarah Kesultanan Sambas. “Atas nama panitia, kami mengucapkan terimakasih kepada pemateri yang memberikan masukan terhadap sejarah Kesultanan Melayu Sambas, karena masukan ini sangat berarti bagi generasi penerus Kabupaten Sambas yang akan datang,” pungkasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts