Istana Maimun Keagungan Budaya Melayu

Medan, Sumut - Pelaksana Tugas Walikota Medan, Dzulmi Eldin, membuka  Majelis Perayaan 125 Tahun Istana Maimun di Balai Rung Seri Istana Maimun Medan, hari ini.
Eldin mengajak semua siap untuk selalu menjaga dan melestarikan  serta meningkatkan keindahan serta ciri khas Istana Maimun yang merupakan objek wisata utama di ibukota Provinsi Sumatera Utara.
“Istana Maimun bersama dengan Masjid Raya Al Mashun dan Taman Sri Deli merupakan citra kebesaran dan keagungan budaya Melayu di Kota Medan, sekaligus simbol karakteristik kota yang berbudaya, religius dengan norma adat istiadat yang terjaga. Itu sebabnya ketiga tempat ini sekarang menjadi destinasi wisata utama yang dikenal luas oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri,” kata Eldin.
Oleh karenanya Eldin menilai perayaan yang digelar oleh Yayasan Sultan Ma’moen Al Rasyid beserta jajaran panitia dan segenap keluarga besar adat Melayu di Sumatera Utara maupun Kota Medan ini, merupakan bentuk penghormatan besar terhadap akar sejarah kebudayaan Melayu yang diakui sebagai induk budaya lokal di Sumatera Utara, khususnya Kota Medan.
“Jadi sudah menjadi tugas kita semua untuk terus menjaga khasanah dan kearifan budaya lokal di tengah-tengah modernisasi zaman yang terus berkembang. Selain itu kita harus terus membangun komunikasi dan interaksi yang baik guna meningkatkan kualitas kebudayaan di Kota Medan, termasuk bersama-sama memperhatikan dan merawat berbagai hal yang berkaitan dengan pelestarian situs-situs budaya, khususnya Istana Maimun,” harapnya.
Atas dasar itulah Eldin berharap  even ini dapat terus dipertahankan dan dilaksanakan setiap tahunnya, sebagai salah satu agenda kalender pariwisata utama di Kota Medan. Pemko Medan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata siap mendukungnya sebagai upaya peningkatan kualitas budaya di Kota Medan.
Pembukaan Majelis Perayaan 125 Tahun Istana Maimun diisi dengan serangkaian kegiatan seperti festival, expo maupun berbagai perlombaan, termasuk memberikan paket sembako kepada ratusan warga kurang mampu sebagai bentuk kepedulian keluarga sultan terhadap warga yang ada di sekitar Istana Maimun.  Untuk menghibur pengunjung yang datang, Orkestra Melayu dari Singapura pun didatangkan.
Acara pembukaan ini dihadiri langsung Sultan Deli ke-14 yaitu Sri Paduka Sultan Mahmud Laman Zizi Perkasa Alam didampingi Ketua Umum Yayasan Sultan Ma’Moen Al Rasyid Tengku Kamarul bin Tengku Syaifuddin,  keluarga besar masyarakat Melayu Sumatera Utara dan Kota Medan, Ketua Majelis Perayaan 125 tahun Istana Maimun beserta jajaran serta peserta pameran, expo dan festival Perayaan 125 Tahun Istana Maimun.
Sementara itu Ketua Umum Yayasan Sultan Ma’Moen Al Rasyid Tengku Kamarul bin Tengku Syaifuddin mengatakan, tema perayaan tahun ini adalah masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang. Selanjutnya dia berharap kepada Pemko Medan dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama melestarikan Istana Maimun, sebab istana peninggalan sejarah ini tidak hanya milik pewaris astau warga Melayu saja tetapi milik seluruh warga Kota Medan. Dengan bantuan dan dukungan yang diberikan, dia berharap Istana Maimun tetap kokoh berdiri sepanjang masa.
-

Arsip Blog

Recent Posts