Kesenian UI Meriahkan Pesta Rakyat di Budapest

London, Inggris - Penampilan Tim Kesenian Liga Tari Krida Budaya dari Universitas Indonesia yang dipimpin Niniek L. Karim memeriahkan Pesta Rakyat dalam rangka memperingati HUT ke-68 RI di KBRI Budapest, Hungaria.

Sekretaris I Pensosbud KBRI Hungaria Inggrid Rosalina kepada Antara London, Selasa, mengatakan keberadaan Liga Tari Krida Budaya UI dalam rangka mengikuti kegiatan "Summerfest International Folklore Festival and Folk Art Fair" di Szazhalombatta, Hungaria, 12 hingga 22 Agustus, itu dimanfaatkan KBRI Budapest memeriahkan acara pesta rakyat .

Pesta rakyat digelar di halaman Gedung KBRI Budapest usai upacara bendera yang dipimpin Dubes RI untuk Hungaria dan Republik Makedonia Maruli Tua Sagala dihadiri masyarakat Indonesia yang berdomisili di Hungaria serta Friends of Indonesia.

Kehadiran Liga Tari Krida Budaya Universitas Indonesia yang menampilkan atraksi tarian dan alunan musik tradisional Indonesia dibawakan dengan sangat dinamis dan unik memukau masyarakat Indonesia di Hungaria dan undangan yang hadir.

Paduan busana tradisional daerah Betawi, Sunda, Palembang yang digunakan penari menunjang gerakan lincah para penarinya ditambah atraksi tabuhan rebana, gendang dan gamelan pemain musik membuat pesta rakyat semakin meriah dan memberikan warna tersendiri terutama bagi tamu asing .

Acara pesta rakyat juga dimeriahkan penampilan Tari Saman dan Tari Kreasi Joged Sesar dibawakan anak-anak Indonesia di Hungaria dan atraksi lagu-lagu perjuangan Indonesia.

Selain itu, juga ditampilkan tari Melayu Zapin oleh DWP KBRI Budapest, persembahan lagu-lagu Nusantara dari Vocal Group KBRI Budapest serta Tari Merak dan Joged Bumbung dibawakan penari Hungaria binaan Sanggar Seni KBRI Budapest.

Untuk mempromosikan kulineri Indonesia disuguhkan Nasi Tumpeng dipadukan berbagai lauk pauk antara lain telur pindang, urap sayuran, empal gepuk, ayam bumbu bali, sambal goreng ati dan balado teri.

Sebagai menu utama disuguhkan pula Opor Ayam, Kari Kambing dan Ikan Bumbu Tauco serta berbagai aneka jajanan pasar, minuman segar Es Teler menambah semarak keanekaragaman kuliner Indonesia.

-

Arsip Blog

Recent Posts