Festival Budaya Bumi Khatulistiwa Undang Negeri Jiran

Pontianak, Kalbar - Festival Budaya Bumi Khatulistiwa (FBBK) 2013 menjadi ajang meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Kalimantan Barat. Beragam kegiatan budaya Kalbar siap dipentaskan.
"Adanya FBBK ini menjadi sarana meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kalbar. Dari hasil evaluasi FBBK tahun sebelumnya, kunjungan wisatawan semakin meningkat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kalbar, Ir. Yusri Zainuddin, ditemui usai pembukaan FBBK, Kamis (26/9/2013).
Yusri menambahkan, festival yang dihelat setiap dua tahun ini siap digelar kembali pada 26-29 September 2013. Kegiatan kesenian dan budaya yang melibatkan seluruh kabupaten dan kota di Kalbar ini akan dipusatkan di Halaman Museum Negeri Pontianak.
"Kegiatan budaya seperti pawai dan sarasehan budaya ini menjadi serangkaian acara memeriahkan festival yang telah mengangkat budaya Kalbar menjadi event nasional," katanya.
Untuk pawai budaya, lanjut Yusri, dimulai dari Pendopo Gubernur Kalbar dan berakhir di halaman Museum Kalbar. Selain pawai budaya tersebut, beberapa kegiatan lainnya ada lomba tari daerah, lomba layang-layang hias, lomba lagu daerah, makanan khas daerah, syair Melayu, lomba berbalas pantun, serta lomba gasing dan sumpit.
Beberapa negara tetangga, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam, turut diundang untuk menyaksikan FBBK 2013. "Kita undang mereka untuk turut menyaksikan kegiatan budaya dan kesenian dan etnis yang ada di Kalbar," ungkap Yusri Zainuddin. FBBK juga menjadi agenda yang digaungkan dalam pertemuan bilateral Sosek Malindo.
-

Arsip Blog

Recent Posts