Festival Danau Toba 2013 Ditutup dengan Pesta Rakyat

Samosir, Sumut - Pesta rakyat di Bukit Beta, Tuktuk Siadong, Samosir, Sabtu malam menutup gelaran Festival Danau Toba (FDT) 2013 yang berlangsung sejak Minggu (8/9).
Saat salah satu vokal grup Batak, Star Voice menghibur ribuan pengunjung. Penyanyi nasional Edo Kondologit dan Lea Simanjuntak juga menyanyi di panggung penutupan festival.
Festival Danau Toba 2013 secara resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Sumatra Utara, Tengku Erry Nuradi yang didampingi oleh Bupati Samosir Mangindar Simbolon serta perwakilan dari Kemenparekraf.
Penutupan kegiatan ini ditandai dengan menabuh gendang khas Samosir yaitu taganing. Setelah ditutup kegiatan pesta rakyat tetap berlangsung meski hujan mengguyur lokasi.
"Kami ucapkan terima kasih kepada seniman, olahragawan yang ikut berperan dalam mensukseskan Festival Danau Toba 2013. Begitu juga dengan pihak pendukungnya," kata Wagub Sumatra Utara, Tengku Erry Nuradi.
Festival Danau Toba 2013 yang didukung penuh oleh Kemenparekraf ada beberapa kegiatan budaya yang dilakukan mulai karnaval Sigale-gale, tarian Tortor Sawan, Sulang-Sulang Hariaman hingga Mangalahat Horbo.
Untuk olahraga ada beberapa kegiatan besar diantaranya adalah paralayang, paramotor, renang rakyat, renang keliling Danau Toba untuk pertama kalinya hingga perahu naga atau lebih dikenal dengan Solu Bolon.
Tahun depan festival ini akan digelar di Kabupaten Toba Samosir.
-

Arsip Blog

Recent Posts