Lhokseumawe Juara Lomba Musik Garapan se-Aceh 2013

Banda Aceh, NAD - Sanggar Karsa Sabang tampil sebagai juara pertama lomba musikalisasi puisi se-Aceh yang digelar Dinas Kebudayaan Aceh di Auditorium RRI Banda Aceh, Minggu 15 September 2013 kemarin. Sedangkan juara pertama lomba musik garapan se-Aceh diraih Sanggar Geunta Seuramo dari Kota Lhokseumawe.
"Juri memilih seluruhnya terbaik, namun haruslah ada pemenang, dan pasti yang paling baik," kata Ketua Panitia Elly Zuarni, pada pidato yang disampaikan di hadapan ratusan penonton Lomba.
Sanggar Geunta tampil menjadi juara musikalisasi puisi menyisihkan belasan peserta lainnya, dan juara dua diraih Fajar Harapan dari Banda Aceh, dan Juara ketiga Sanggar Budaya Lintasgayo dari Aceh Tengah.
Untuk juara kedua musik garapan diraih Sanggar Leumpia Banda Aceh, juara ketiga Sanggar Budaya Lintasgayo, dan harapan Komunitas Geunta Kulet.
"Juri cukup kelabakan menilai kemampuan peserta, karena kualitas musik mereka bagus, walau masih perlu penguatan di beberapa sisi musik, seperti keberanian bermusik di panggung dan non panggung," kata Kostaman, ketua dewan juri musikalisasi.
Dewan juri musikalisasi terdiri dari pemusik dan penyair dari Aceh antara lain pelaku teater Kostaman, Pelaku Musikalisasi Puisi Rahmad Sanjaya, Penyair Salman Yoga, Pemusik Zulfikar, dan pemusik dan penyanyi tradisi Jamal Abdullah. Sedangkan kriteria lomba musik garapan Dosen musik dari bandung Djailani, Gitaris Kande Dedi Adrian, dan Drumer terbaik se-Indonesia tahun 1999 Adek Novidian.
Lomba Musikalisasi Puisi dan Musik Garapan se-Aceh digelar Dinas Kebudayaan Bidang Seni dan Sastra dalam rangka Hari Kesenian Daerah Aceh selama dua hari sejak Sabtu-Minggu 14-15 September 2013.
-

Arsip Blog

Recent Posts