Menampilkan Budaya Batak ke Tingkat Dunia

Jakarta - Berbagai macam kebudayaan ada di Indonesia, mulai dari tarian, hingga ada istiadat. Namun dari banyaknya keragaman, hanya kebudayaan dari Pulau Jawa yang kerap ditampilkan. Sedangkan budaya lain termasuk budaya Batak kurang ditampilkan sehingga hanya segelintir orang yang mengetahuinya.
Orang-orang Batak yang ada di Jakarta mengadakan pergelaran budaya Batak kemarin. “Melalui kegiatan ini kami ingin menunjukkan kepada pemerintah bahwa budaya Batak itu ada dan patut disandingkan dengan kebudayaan lain yang ada di Indonesia,” kata pengamat budaya batak, Boris Korius Malau, saat pagelaran budaya Batak di Jakarta, Senin (16/9).
Selama ini orang-orang hanya mengetahui tarian jenis tor-tor yang berasal dari Sumatera Utara. Padahal, masih ada gondang sahala yang dalam budaya seni Batak merupakan salah satu jenis musik yang sakral.
Menurut Boris, melalui pergelaran kebudayaan tersebut, ia merasa yakin misi yang disampaikan akan berhasil. Dimana bersama pengurusnya ia bisa membawa kebudayaan Batak untuk dapat disaksikan seluruh mata di dunia. “Kami yakin kebudayaan kami bisa lebih dikenal dunia, karena kami melestarikan musik nenek moyang kami,” ungkapnya.
-

Arsip Blog

Recent Posts