Ribuan Warga Saksikan Pawai Budaya Aceh

Banda Aceh, NAD - Ribuan warga dari berbagai kabupaten/kota memadati ruas jalan Tgk Daud Beureueh dan Jalan Teuku Nyak Arief, Banda Aceh, Sabtu (21/9/2013) menyaksikan pawai budaya dalam rangka memeriahkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-6.
Sejak pukul 08.00 WIB warga mulai memadati jalan protokol dari simpang lima hingga Darussalam. "Peserta pawai dibagi dalam dua kelompok, pejalan kaki dan mobil hias. Ada 22 Kabupaten/kota di Provinsi Aceh yang mengikuti pawai budaya PKA," kata Sekretaris panitia PKA-6 Adami Umar.
Peserta jalan kaki yang umumnya memakai pakaian adat berkumpul di Jalan Tgk Daud Beureueh dan dan mobil hias terkonsentrasi di kawasan Masjid Raya Baiturrahman. Peserta pawai dilepas oleh Sekretaris Daerah Provinsi Aceh T Setia Budi di Simpang Jambo Tape.
Untuk peserta jalan kaki, kontingen Kabupaten Aceh Besar berada di barisan terdepan disusul Kota Subulussalam, Langsa, Aceh Barat, Simeulue, Pidie, Aceh Timur, Singkil, Pidie Jaya, Aceh Tenggara. Selanjutnya Banda Aceh, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Jaya, Lhokseumawe, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Tamiang, Gayo Lues, Bener Meriah, Sabang dan Aceh Besar.
Sedangkan kendaraan hias kontingen Kabupaten Pidie Jaya berada di depan yang disusul Aceh Tamiang, Gayo Lues, Aceh Timur, Aceh Besar, Lhokseumawe, Aceh Barat Daya, Bireuen, Subulussalam, Aceh Barat, Aceh Jaya, Langsa, Singkil, Simeulue, Pidie, Nagan Raya, Sabang, Bener Meriah, Aceh Utara, Aceh Tenggara dan Aceh Selatan.
Gubernur Aceh Zaini Abdullah bersama istri Niazah Abdul Hamid dan para bupati/wali kota dengan menggenakan pakaian adat Aceh juga ikut menyaksikan pawai budaya di depan kantor PLN.
Setiap delegasi mendapat kesempatan menunjukkan aksi kesenian dan budayanya, mulai tarian, silat hingga debus. Peserta jalan kaki finish di Taman Sultanah Safiatuddin dan kendaraan hias berakhir di lapangan Unsyiah Darussalam.
-

Arsip Blog

Recent Posts