Ahok Heran Kolintang Tak Terdaftar Warisan Budaya

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku bingung kenapa Kolintang belum terdaftar sebagai alat musik warisan budaya. Padahal alat musik lainnya seperti angklung sudah terdaftar.
"Saya bingung kenapa ini (Kolintang) tidak didaftarkan jadi kekayaan budaya kita. Kita doakan ini dijadikan warisan budaya kita," kata pria yang akrab disapa Ahok saat memberikan hadiah kepada pemenang festival musik kolintang tahun 2013 di GPIB Menara Iman, Duren Sawit, Jakarta, Minggu (13/10/2013).
Dia menganggap banyak kelebihan pada alat musik Kolintang. Menurutnya, alat musik kayu ini tidak hanya dapat dapat digunakan untuk membawakan lagu-lagu daerah saja. Melainkan juga lagu-lagu rohani.
Sementara dalam acara tersebut, Ahok disuguhi dari grup kolintang remaja yang terdiri atas 11 gadis cantik bernama the sound of angel. Dengan mengenakan pakaian serba biru mereka membawakan lagu-lagu rohani.
Lalu ada juga grup kolintang lain. Terdiri 10 remaja yang mengenakan baju batik memainkan alat musik yang terbuat dari kayu. Mereka adalah jamaah dari GKI Puri Indah.
"Saya menyambut baik dengan acara seperti ini karena Kolintang ini sangat tidak mudah dimainkan. Ini tidak seperti angklung. Saya rasa saya tidak bsa memainkan ini," jelasnya.
-

Arsip Blog

Recent Posts