Dubes Finlandia Cetuskan Ide Solo Bikin Batik Angry Bird

Solo, Jateng - Kunjungan Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Kai Sauer, ke Kota Solo menyisakan cerita unik yang memberi inspirasi para pengusaha batik. Tercetus ide untuk mengkreasikan tren baru, yakni batik bermotif Angry Bird.
Ide tersebut dicetuskan oleh Dubes Finlandia, Kai Sauer, saat dirinya berkunjung ke Lodji Gandrung Solo, Jawa Tengah. Dalam pertemuan tersebut, Wali Kota Solo, FX Rudy Hadyatmo menjelaskan panjang lebar tentang Kota Solo, baik potensi industri, sejarah, budaya, kuliner, dan kerajinan batiknya.
Setelah mendapat penjelasan dari Rudy bahwa Solo merupakan salah satu Kota Batik, Sauer kemudian memberi ide untuk membuat batik motif Angry Bird. Batik ini diharapkan bisa lebih menembus pasar internasional.
Menurut penjelasan Sauer, Finlandia sangat terkenal di seluruh dunia, salah satunya karena produk ponsel merk Nokia dan game Angry Bird. Game populer hingga saat ini sudah diunduh hampir 200 juta orang di seluruh dunia.
"Game Angry Bird sudah diunggah lebih dari 200 juta pengunduh. Jika Solo menciptakan batik dengan motif Angry Bird, maka Solo bisa terkenal di dunia seperti Angry Bird," jelasnya.
Menurutnya, hal tersebut bisa mengangkat citra Indonesia, khususnya Solo, untuk bisa dikenal dunia luas melalui kerajinan batiknya dengan motif tertentu yang saat ini sedang booming. Sementara itu, Rudy menyambut baik ide tersebut dan berharap akan ada kerja sama lebih lanjut dengan Finlandia.
"Saya berharap Solo akan dapat dikenal warga Finlandia setelah kunjungan duta besar. Karena itu, saya berharap Mr Kai Sauer bisa menikmati makanan khas Solo serta menikmati suasana malam hari di Solo," ajaknya.
-

Arsip Blog

Recent Posts