Sumatra Selatan Promosi Budaya Lewat Tari

Palembang, Sumsel - Sebanyak 19 tim dari perwakilan SMA dari 15 Kabupaten/kota se-Sumsel kemarin mempromosikan budaya daerahnya masing-masing, melalui perlombaan seni tari kreatifitas yang diselenggarakan oleh pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel di atrium Palembang Indah Mall (PIM), rabu (23/10).
“Selain menjaring kreatifitas dan minat bakat seni tari murid SMA, dengan kegiatan perlombaan ini otomatis seni tari yang ditampilkan dari perwakilan setiap daerah akan di promosikan kepada masyarakat banyak. Oleh sebab itu, kegiatan ini sekaligus bertujuan lebih dalam untuk mengenalkan seni tari yang sudah diexplore oleh masing-masing tim penari,” ungkap ketua panitia Herlina.
Dikatakan, selama ini seni tari sering ditampilkan secara monoton karena pagelaran tari yang dijumpai hanya menampilkan tarian yang murni dan sudah dikonsep oleh ciri khas yang sudah mendarah daging kepada pelaku seni tari. “Yang membuat kegiatan ini berbeda, penampilan seni tari digabungkan dengan seni penokohan. Misalnya, kisah tentang putri kembang dadar diperebutkan oleh dua pangeran yang akhirnya putri kembang dadar mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri,” ujarnya.
Menurut Herlina, pihaknya melibatkan tim juri yang berpengalaman dan menguasai bidang tari diantaranya Nungki Kusumastuti yang merupakan artis senior, penari nasional bahkan tenaga pendidik di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Universitas Indonesia.
Selain itu, Sartono guru seni tari di Sumsel, dan Elly Rudi penari senior Sumsel.“Saya melihat murid SMA yang mengikuti kegiatan ini sangat kreatif karena menggabungkan seni tari dengan penokohan cerita rakyat. Kreatifitas seperti tentu harus ditingkatkan karena akan memberikan warna tersendiri untuk seeni tari,” kata Nungki Kusumastuti.
-

Arsip Blog

Recent Posts