Tari Tradisional Moende dan Karambangan Terancam Punah

Poso, Sulteng - Kabupaten Poso di Sulawesi Tengah memiliki keaneka ragaman budaya, mulai dari yang mendunia, seperti patung megalitikum hingga kesenian warisan nenek moyang mereka. Salah satunya adalah tari moende dan karambangan. Sayangnya tarian ini terancam punah hanya segelintir orang yang kini menekuninya.
Bila tidak kita lestarikan, tari moende ini hanya tinggal cerita bagi generasi mendatang. Moende merupakan tarian kuno yang diwariskan para leluhur di Poso. Irama dan alat musik yang digunakan bisa menjadi tanda bahwa moende tarian yang dimainkan leluhur masyarakat Poso ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu.
Tarian ini biasanya dibawakan oleh sejumlah wanita, dan setiap gerakan mengikuti suara tabuh yang dipukul dua pria. Tarian moende ini dahulu kala dilakukan usai panen dan pesta besar.
Sayangnya moende ini sudah jarang dimainkan, bahkan, karena pengaruh kesenian moderen, moende menjelma menjadi tari dero.
Salah satu lagi yang bakal terancam punah, adalah karambangan. Musik khas ini hanya terdengar di pelosok atau pedalaman Poso. Dahulu kala karambangan dilantunkan pria untuk menarik hati gadis yang diidamkannya.
Sangat disayangkan bila tarian moende dan karambangan tidak lagi diminati generasi muda. karena tanpa kedua kesenian ini, Poso kehilangan ciri khas dan jati dirinya.
-

Arsip Blog

Recent Posts