Tarian dan Kuliner di Ultah Pemkot Singkawang

Singkawang, Kalbar - Memasuki usianya yang ke-12 tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang, Kalimantan Barat, menggelar expo di halaman Kantor Wali Kota di Jalan Firdaus, Singkawang. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 8 hari, mulai 17 Oktober hingga 24 oktober 2013.
Koordinator Expo, Dede Hardi memaparkan, beragam kegiatan telah dipersiapkan untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Expo diisi, diantaranya pameran produk yang diikuti oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Singkawang, kemudian dari usaha kecil dan menengah, dan perusahaan swasta.
Pendukung kegiatan, lanjut Dede, kegiatan juga dimeriahkan dengan parade musik, modern dance, lomba memasak, besurong saprah dan festival kuliner. "Kegiatan ini memang didesain untuk meningkatkan penjualan dan mempromosikan Kota Singkawang," ujar Dede, Rabu (16/10/2013).
Kegiatan dibuka pada Kamis (17/10/2013) pagi, bertepatan dengan hari jadi pemerintahan kota Singkawang. Dari pantauan di lapangan, tampak para peserta expo sudah mengemasi stand pameran, Rabu (16/10/2013). Sebanyak 40 stand disiapkan panitia dan sebuah panggung utama selama kegiatan berlangsung.
Para penari dari kumpulan seni Sanggar Simpor membawakan tarian Multi Etnis yang menceritakan keharmonisan kota Singkawang dalam keberagaman etnis yang ada.
Koreografer tarian, Anwar Rajali menjelaskan, tarian Multi Etnis merupkan cerminan keberagaman Kota Singkawang. Diantaranya mewakili tiga etnis terbesar di Kota Singkawang, yaitu Dayak, Tionghoa dan Melayu.
Selain itu, lanjut Anwar, juga dipadukan dengan lima belas etnis lain, diantaranya Jawa, Batak, Bugis, dan Betawi. "Kita menyuguhkan tarian ini karena menjadi salah satu kebanggaan di Kota Singkawang yang terdiri dari beragam etnis. Cerminan harmonisasi tersebut diwakili dalam bentuk tarian ini," ujar pria yang biasa disapa Bang Way ini disela-sela latihan.
-

Arsip Blog

Recent Posts