Parade Juang Semarakkan Hari Pahlawan di Surabaya

Surabaya, Jatim - Parade Juang siap menjadi alternatif hiburan bagi warga Kota Surabaya dalam menyemarakkan Hari Pahlawan yang digelar di Tugu Pahlawan pada Minggu (10/11).

Sekretaris Panitia Hari Pahlawan Yayuk Eko Agustin, Jumat, mengatakan, parade juang akan dimulai pada pukul 13.30 WIB dari Tugu Pahlawan. Iring-iringan parade bakal menempuh rute sepanjang 3,3 kilometer melewati Jl Kramat Gantung, Jl Gemblongan, Jl Tunjungan, Jl Gubernur Suryo, Jl Yos Sudarso, Jl Jaksa Agung Suprapto dan finis di Taman Surya.

"Ruas jalan yang nantinya dilewati parade akan ditutup mulai tengah hari. Sistem buka-tutup diberlakukan selama pelaksanaan parade," ujar Yayuk yang juga menjabat Asisten I Sekkota Surabaya ini.

Menurut dia, Parade Surabaya Juang kali ini bakal melibatkan ribuan orang dari 24 kelompok. Para peserta terdiri dari unsur pemerintah, veteran, TNI-Polri, mahasiswa, pelajar, serta komunitas.

Selain itu, khusus untuk momen ini, sepuluh kendaraan tempur jenis panser siap menyusuri jalanan kota. "Panser-panser itu dinaiki jajaran forpimda (forum pimpinan daerah) Surabaya," katanya.

Ia menjelaskan Parade Surabaya Juang dibuka dengan adegan teatrikal tembak-menembak antara pejuang dengan tentara Inggris yang dikomandoi Brigjen AWS Mallaby. Kemudian iring-iringan parade mulai bergerak dengan panser sampai di depan Hotel Majapahit.

Di hotel yang dahulu bernama Hotel Yamato tersebut dilaksanakan pengibaran bendera Merah Putih. Dilanjut dengan pembacaan puisi berjudul "Surabaya Kota Pahlawan" karya Mustofa Bisri.

Setelahnya, para forpimda yang terdiri atas Wali Kota Surabaya, Ketua DPRD Surabaya, Danrem 084 Bhaskara Jaya, Kapolrestabes, Kapolres Tanjung Perak, Ketua Pengadilan Negeri dan Kajati berjalan bersama para veteran hingga finis di Taman Surya.

"Secara garis besar, kami berharap Parade Surabaya Juang disamping mampu memberikan hiburan kepada warga, juga dapat melecut semangat perjuangan seluruh masyarakat. Semoga semuanya berjalan lancar," katanya.

Selain parade juang, lanjut dia, Pemerintah Kota Surabaya menggelar kegiatan menarik dalam rangka menyemarakkan Hari Pahlawan di antaranya sekolah kebangsaan, wisata heroic track, drama kolosal "Surabaya Membara" hingga Parade Surabaya Juang.

"Surabaya merupakan satu-satunya kota di Indonesia dengan julukan Kota Pahlawan. Hal itu tak lepas dari peristiwa heroik yang pernah terjadi di kota ini," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, masyarakat wajib mengenang momen Hari Pahlawan sebagai bentuk penghormatan terhadap pengorbanan para pahlawan.

Pemkot Surabaya sendiri mengeluarkan surat edaran bernomor 003.3/6364/436.3.1/2013. Dalam surat tersebut pemkot menghimbau kepada BUMN/BUMD, bank, hotel, restoran, mall, sekolah dan kantor pemerintahan agar memutar lagu-lagu perjuangan mulai tanggal 1-10 November 2013.

Sedangkan untuk drama kolosal "Surabaya Membara", kata Yayuk, akan dihelat di Tugu Pahlawan pada Sabtu (9/11) pukul 19.00 WIB. Acara tersebut menampilkan adegan pertempuran dahsyat dengan melibatkan pemeran dalam jumlah banyak.

-

Arsip Blog

Recent Posts