Peringati Hari Pahlawan, Jakarta Kirab Budaya

Jakarta - Memperingati hari Pahlawan, Balaikota Jakarta berubah menjadi miniatur seluruh provinsi di Indonesia. Pesta rakyat yang diadakan oleh Yayasan Kibar (Kirab Budaya), Minggu (10/11) berlangsung meriah. Acara pawai busana daerah dan busana unik mewarnai meriahnya acara pesta rakyat tersebut. Peserta yang berjumlah hampir 13.000 orang berasal dari perwakilan siswa-siswi TK – SMAN seluruh DKI Jakarta.

Dihadiri oleh tokoh utama, Gubernur Jakarta Jokowi dan Menteri Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Roy Suryo menjadi daya tarik tersendiri acara ini. Jokowi pada pembukaannya tidak berkata banyak. Ia hanya melepas peserta pawai dengan cara memukul gendang kecil sebanyak tiga kali. Kedatangannya di sambut seluruh peserta dan masyarakat. Pada GATRAnews, Jokowi mengatakan “ Acara ini bagus untuk anak sekolahan dari SD sampai SMA, harus diadakan terus," katanya.

Jokowi datang dengan busana betawi alim yang biasa di kenakannya yaitu baju koko putih, sarung dan peci. Tetapi pandangan berbeda ada pada Roy Suryo. Selain menggunakan pakaian prajurit paku alam dari Yogjakarta, Roy mengikuti pawai dengan menaiki kuda putih dan diiringi prajurit lainnya bak ksatria Jawa. Roy Suryo berpendapat dan berharap bahwa acara pesta rayat kirab budaya ini dilakukan tidak hanya dalam setahun sekali saja, tetapi bisa dilakukan rutin untuk memenangkan generasi muda dan memperkenalkan budaya Indonesia agar tidak punah. “Acara ini jangan di lihat dari festivalnya saja, tapi makna dari kepahlawanan itu sendiri. Bahwa pahlawan bukan hanya dari sosok saja tapi dari sifat kepahlawanan itu sendiri," katanya. Roy juga mengungkapkan apresiasinya kepada Jokowi berhasil menghidupkan acara seperti ini di Jakarta.

Acara kirab budaya ini diselenggarakan panitia Yayasan Kibar yang telah dua kali dilaksanakan sejak setahun silam, pada 28 oktober 2012 yang jatuh di Hari Sumpah Pemuda. Yayasan Kibar sendiri di utamakan dan fokus kepada pendidikan,kebudayaan, lingkungan dan sosial. “Kami concern dan peduli kepada generasi muda, the next generation future life better,” ujar Jeng Sami selaku panitia dan staff kibar bidang deputi budaya.

[Pawai acara Kirab Budaya II (GATRAnews/Debby Debora) ] Pawai kirab budaya diharapkan dapat menajdi daya tarik tidak hanya di kancah nasional saja, tetapi dapat masuk ke kancah internasional juga. Tujuan kirab budaya ini, lanjut Jeng, adalah membuat pesta rakyat agar partisipasi masyarakat yang besar dapat menjadi value dalam penikmat acara dan partisipasi penonton yang menikmati acara ini. Indonesia mengukir kebanggaan karena pernah memenangi Trophy President Awards di luar negeri pada 2012.

Kibar Indonesia akan terus melakukan program festival secara perlahan. Yayasan Kibar bekerja sama dengan pemprov DKI Jakarta dalam pengadaan dan di bantu oleh banyak peserta dan relawan seperti relawan AJB (Aksi Jakarta Bersih). Yayasan kirab di pimpin oleh Kris Budiarjo dan HM Nurcahyo Rismanto. Acara kibar di awali dengan pembukaan oleh ketua kibar, Kris Budiarjo dan di lanjut dengan pemukulan gendang oleh Gubernur DKI Jakarta Jokowi.

Pawai yang di buka dengan marching band dari taman impian jaya ancol, di ikuti Roy Suryo yang menaiki kuda dan di ikuti iring-iringan peserta yang memakai busana daerah dan seni berjalan dari jalan merdeka sampai ke kawasan Monas dan Hotel Indonesia. Sesampai di Monas peserta dan masyarakat akan dimanjakan dengan aneka kuliner pasar yang dapat di nikmati dengan harga pasar. Selain festival busana daerah dan kuliner terdapat pargelaran seni dari sekolah yang berpartisipasi juga ondel-ondel betawi serta musik khas betawi yang mengiringi jalannya acara.

Namun, terjadi keterlambatan dimana para peserta harus menunggu dari jam 09.00 pagi dan baru mulai acara jam 15.00 sore. “Sudah dari jam 9 pagi mbak, kondenya sudah berat makanya dia nyender,” ujar seorang ibu yang mengeluhkan keterlambatan ini. Tetapi semuanya terbayarkan dengan athusiasme masyarakat yang bagus ketika menonton di tambah ketika kedatangan Jokowi dan Panglima berkuda Roy Suryo.

-

Arsip Blog

Recent Posts