Sumsel-Kemenparekraf Agendakan Festival Sambal Nasional

Jakarta - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencanangkan agenda Festival Sambal Nasional pada tahun 2014 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yang kemudian ditimpali oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar saat grand launching Musi Triboatton 2013 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Sabtu (9/11/2013) malam.

"Sambal kita ada 38 varian, kalau ada festival sambal nasional pasti kita terbanyak, Pak," ujar Alex dalam sambutannya.

"Kenapa kita tidak coba di tahun 2014 yang tadi ditantang pak gubernur, ada festival sambal nasional," imbuh Sapta menimpali.

Sapta melanjutkan, festival sambal nasional dapat dilakukan dengan mengumpulkan berbagai jenis sambal yang dimiliki masing-masing daerah di Indonesia untuk kemudian dilombakan.

"Kita kumpulkan dari Sabang sampai Merauke berapa macam sambal yang ada. Tentunya kita adakan kompetisi nanti mana yang paling banyak dan paling enak tentunya," katanya.

"Bahkan kita bisa pecahkan Rekor Muri sambal yang terpedas," tambah Sapta.

Wamenparekraf menyanjung kelezatan sambal tempoyak, sambal khas Palembang berbahan dasar durian. "Kalau saya yakin satu-satunya yang tidak bisa dikalahkan adalah sambal tempoyak. Itu adalah hasil dari durian," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts