Angkat Heart of Borneo, Indonesia Harum di Pasadena

Los Angeles, AS - Indonesia berhasil meraih penghargaan "Director‘s Trophy" yaitu Outstanding Artistic Merit in Design and Floral Presentation pada Tournament of Roses (TOR) di Pasadena, California, Amerika Serikat (1/1). "Artinya karena kita dinilai menampilkan keahlian artistik yang luar biasa dalam presentasi desain dan floral," kata Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Esthy Reko Astuty.

Indonesia yang diwakili Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kali ini menurunkan potensi Kalimantan Timur, menampilkan tema Wonderful of Indonesia, Heart of Borneo, menyuguhkan keindahan bawah laut Pulau Derawan, orangutan, penyu, ditambah komodo, serta bangunan khas Bali, tampil memukau.

Tema tersebut dituangkan dalam kendaraan hias yang disebut Float dengan berbagai jenis bunga, sayuran, dan biji-bijian sebagai hiasan. Float Indonesia berukuran panjang 18,3 meter dan lebar 6,7 meter, menempati urutan start ke-59 dari 90 peserta parade dengan rute berjarak kurang lebih 10 kilometer.

Float Indonesia makin semarak dengan didampingi pejalan kaki di sisi kiri dan kanan berkostum unik yang diangkat dari budaya daerah. Pejalan kaki tersebut yaitu talent Tenggarong Kutai Carnival (TKC) Kutai Kartanegara, talent Carnaval Bontang, dan penari Hudoq utusan Samarinda dan Provinsi Kaltim. Sedangkan di atas Float juga ditempatkan Duta Wisata Kaltim, dengan kostum khas Kaltim.

Esthy Reko Astuty mengatakan keikutsertaan Indonesia dalam TOR 2014 penting untuk promosi pariwisata Indonesia di Amerika Serikat. "Penduduk Amerika ada sekitar 313,8 juta merupakan pasar potensial dan sangat strategis untuk promosi pariwisata, karena kontribusinya terhadap kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air cukup besar, dan dari tahun ke tahun meningkat," kata Esthy.

-

Arsip Blog

Recent Posts