Festival Sriwijaya Lestarikan Budaya Buka Mata Dunia

Jakarta - Sumatera Selatan tengah serius menggarap paket perjalanan wisata Musi Tour dan City Tour. Tahun ini, Bumi Sriwijaya juga mulai memberikan sentuhan berbeda pada Festival Sriwijaya yang akan digelar pertengahan 2014.

Festival Sriwijaya merupakan acara tahunan yang dimiliki oleh Sumatera Selatan. Tujuannya melestarikan budaya Bumi Sriwijaya hingga tampak ke mata dunia.

“Diharapkan ada banyak negara tetangga yang bergabung di Festival Sriwijaya selanjutnya agar semakin meriah suasananya,” kata Toni Panggarbesi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, saat berkunjung ke redaksi Okezone di Jalan Kebon Sirih, Jakarta, belum lama ini.

Toni menambahkan, konsep yang tengah direncanakan adalah sekitar 20 kapal yang telah difasilitasi akan berjalan beriringan di Sungai Musi. Ketika kapal mendekat, disambut meriah oleh tentara dan masyarakat dengan tema Kerajaan Sriwijaya atau konsep ke masa lalu.

“Barulah pagelaran budayanya kita tampilkan lengkap dengan beragam kuliner khas masing-masing daerah yang ada di Sumatera Selatan,” terang Toni.

Festival Sriwijaya merupakan sebuah perhelatan akbar tahunan yang diselenggarakan oleh Provinsi Sumatera Selatan. Festival ini menghadirkan hiburan menarik yang mencerminkan kekhasan ragam dan budaya serta perlombaan. Event tahunan ini bukan saja bertujuan melestarikan budaya Kerajaan Sriwijaya, juga sebagai senjata promosi pariwisata Sumatera Selatan.

Tahun lalu, festival ini berhasil mendongkrak pertumbuhan pariwisata Sumatera Selatan sebanyak 15 persen. Para pesertanya berasal dari masing-masing kabupaten yang ada di Sumsel. Pada tahun ini, festival keagungan maritim di sepanjang Sungai Musi dari hulu ke hilir itu diselenggarakan secara meriah selama lima hari.

-

Arsip Blog

Recent Posts