Jambi Helat Keagungan Melayu Jambi 3

Jambi - Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jambi yang ke 57, Dewan Kesenian Jambi (DKJ) bakal menggelar kegiatan Keagungan Melayu Jambi 3. Ratusan orang bakal terlibat dalam kegiatan ini.

Yoga Julestama, Pimpinan Produksi kegiatan ini menyampaikan, setidaknya, 100 orang bakal ikut serta dalam kegiatan pegelaran yang merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan pada HUT Provinsi Jambi.

‘‘Di malam itu juga akan diberikan anugerah budaya kepada 1 orang tokoh budaya berupa pin gong betuah emas seberat 5 suku, yakni emas 24 karat. Kepada siapa orangnya masih dirahasiakan,’‘ sebut Yoga.

Sebelumnya, pada pagelaran keagungan melayu Jambi 2 di 2013 lalu, penghargaan yang sama juga telah diberikan kepada almarhum Tamjid Wijaya. Dia dinilai berkontribusi terhadap perkembangan budaya di Jambi. Tamjid merupakan salah satu pencipta lagu daerah Jambi.

Ditreangkannya, di malam itu akan ditampilkan kesenian krinok yang sudah masuk dalam 7 warisan kesenian nusantara di Indonesia. Menurut Yoga, dalam kegiatan itu, akan hadir Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan.

Selain itu, Hendri Lamiri, masetro biola Indonesia juga akan melakukan pementasan dan berduet dengan kelompok musik Jambi, yakni NampaN.

Sementara itu, Sekretaris DKJ, M Khusairi mengatakan, pihaknya berkewajiban mengembangkan, melestarikan dan mengeksplorasi kesenian yang ada di Jambi. ‘‘Malam budaya ini salah satu upaya memperkenalkan budaya dan kesenian khusus yang ada di Jambi. Bagaimana kami membuat tradisi yang ada di daerah lain seperti sike rebana untuk layak ditonton dan memiliki nilai seni,’‘ ujarnya.

Pada Pergelaran Keagungan Melayu Jambi ke-3, kelompok NampaN, yang dikomandoi musisi Jambi Andy Gomez, akan tampil bersama pemain biola kenamaan Indonesia, Hendry Lamiri.

Kolabarasi yang tentu saja akan membawa angin segar dalam dunia kesenian Jambi.

Pergelaran Keagungan Melayu Jambi ke-3 akan berlangsung pada tanggal 6 Januari 2014, di Abadi Convention Center, Kota Jambi. Perhelatan ini menyajikan Anugerah ‘‘Gong Betuah’‘ Tokoh Budaya 2014, Sembah Makan Sirih, Mandi Air Masin, Mantra Suku Anak Dalam dan Krinok dalam Zaman, Sike Sufi, Pelangi Chan-pi feat Hendry Lamiri, dan Finale.

Pergelaran yang dibingkai dalam tema ‘Spiritualitas Swarnamelayu’ ini disutradarai oleh koreografer Indonesia Tom Ibnur. Lalu, penata musik oleh Andi Gomez, Zulkarnain, dan Angga Satria. Penampil terdiri dari Sanggar Ilok Rupo (Kota Sungai Penuh, Kerinci), Komunitas Adat Terpencil (Ds. Pasir Putih, Kec. Pelepat, Kab. Bungo).

Lalu, Sanggar Seni Pinang Selayang (Muarojambi), NampaN (Andy Gomez, dkk), Kota Jambi, Hendry Lamiri (pemain biola), Sanggar Seni Langkan Budaya Taratak (Kota Jambi), dan Mandi Air Masin Tim (Tanjung Jabung Timur).

Di bagian lain, 5AW Fotografi juga tidak mau ketinggalan dalam menyambut HUT Provinsi Jambi. 5AW Fotografi mengadakan pameran tunggal foto di gedung DPRD Propinsi Jambi.

President 5AW Fotografi, Sakti Alam Watir mengungkapkan, pameran kali ini berjudul ‘Bumi Jambi Menggapai Warisan Dunia’, di mana objek yang dipamerkan adalah Geopark Merangin dan Candi Muarajambi.

Sakti kali ini akan mengajak beberapa fotografer untuk ikut serta dalam pameran ini, seperti Riko Mapedeceng, Bobby Yandri, Yadi dan Fuaed Marshall.

“Biar tak menjadi monopoli pameran foto” ujar Sakti Alam Watir.

-

Arsip Blog

Recent Posts