Sumsel Segera Kembalikan Benteng Kuto Besak sebagai Pusat Budaya

Jakarta - Sempat menjadi pusat budaya di Palembang, Sumatera Selatan, Benteng Kuto Besak akan dikembalikan fungsinya tahun ini. Caranya dengan menambahkan fasilitas hotel dan restoran demi menarik minat wisatawan.

“Memang, statusnya masih menjadi pusat budaya, namun fungsinya sedikit berubah. Kini, Benteng Kuto Besak masih dikelola oleh militer, tetapi ke depan akan dijadikan pusat budaya,” kata Toni Panggarbesi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, saat berkunjung ke redaksi Okezone di Jalan Kebon Sirih, Jakarta, belum lama ini.

Toni menambahkan bahwa Benteng Kuto Besak tidak hanya akan dikembalikan fungsinya. Benteng ini juga akan ditambah dengan beberapa fasilitas pendukung pariwisata, seperti hotel dan restoran. Nantinya akan ada renovasi besar-besaran guna menunjang fasilitas tambahan tersebut.

“Mengingat industri pariwisata tak pernah bisa lepas dari MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhitibition-red), jadi saya berharap bisa segera membangun hotel dan restoran di sekitar Benteng Kuto Besak,” harap Toni.

Mengembalikan fungsi Benteng Kuto Besak agar dapat dikunjungi oleh wisatawan bukanlah hal mudah. Pasalnya, perwujudannya melibatkan banyak institusi, termasuk militer. Seperti diketahui, saat ini wilayah Benteng Kuto Besak masih digunakan sebagai markas militer dan di dalamnya terdapat pemukiman pensiunan TNI serta sebuah rumah sakit.

-

Arsip Blog

Recent Posts