Tradisi ‘Bau Nyale’ 2014 Dihelat 19 – 20 Februari

Lombok, NTB – Acara puncak core event ‘Bau Nyale’ tahun 2014 akan dilaksanakan pada 19 – 20 Februari 2014. Penentuan tanggal tersebut berdasarkan hasil rapat yang diadakan Pemerintah Daerah setempat yang dilaksanakan di Bencingah Adiguna Praya, belum lama ini.

Dalam rapat itu dihadiri oleh Wakil Bupatu Lombok Tengah, H. Lalu Normal Suzana, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, H. Lalu Putria, Camat Pujut dan sejumlah pemangku (tokoh adat) pelaksana ‘Bau Nyale’ yang dikenal dengan sebutan pemangku empat penjuru mata angin. Pada rapat tersebut juga diputuskan pusat acara akan diadakan di Pantai Serenting Desa Kuta, Kecamatan Pujut.

Wakil Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Normal Suzana, yang ditemui usai acara rapat mengatakan, penentuan acara puncak core event ‘Bau Nyale’ dilakukan sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap pelaksana acara ritual adat masyarakat yang diadakan setiap tahun tersebut.

Dari pendapat pemangku adat, pelaksanaan penangkapan cacing laut yang dipercaya oleh masyarakat adat setempat sebagai jelmaan Putri Mandalika itu jatuh pada 19, 29, dan 21 Februari.

“Setelah dipertimbangkan berdasarkan penanggalan sasak dan kesepakatan para pemangku adat, puncak perayaan tahun ini di Kabupaten Lombok Tengah ditetapkan pada 19 dan 20 Februari,” Jelas Normal Suzana.

-

Arsip Blog

Recent Posts