Wartawan ASEAN Nikmati Malam Budaya di Palembang

Palembang, Sumsel - Puluhan wartawan yang tergabung dalam Konfederasi Wartawan ASEAN (CAJ) menikmati malam seni budaya tradisional di salah satu hotel berbintang di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Selasa.

Malam seni budaya tradisional Indonesia merupakan rangkaian kegiatan pelatihan dan seminar serta tanda dimulainya program Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik ASEAN atau CAJET yang segera dibangun di Kota Palembang yang ditargetkan selesai pada 2015.

Puluhan wartawan perwakilan dari Indonesia dan sembilan negara ASEAN lainnya berada di Palembang sehubungan mengikuti pelatihan dan seminar jurnalistik yang digelar CAJ atas kerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan selama tiga hari pada 10 - 12 Februari.

Dalam acara malam seni budaya tradisional itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin didampingi istri Eliza tampak berbaur bergembira bersama para wartawan dan pengurus CAJ seperti Benny Antiporda, Akhmad Kusaeni, dan Rahmad Nasution, menikmati suguhan sejumlah tarian dan lagu daerah serta dan menyanyikan beberapa lagu kesayangannya.

Sementara Sekretaris Tetap Konfederasi Wartawan ASEAN (CAJ) Akhmad Kusaeni menjelaskan, kegiatan itu diawali dengan jamuan makan malam (welcoming dinner) di Rumah Dinas Gubernur Sumsel Alex Noerdin sekaligus penjelasan mengenai potensi daerah oleh pemimpin provinsi itu.

Kemudian "workshop" dengan panelis di antaranya Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto, dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Setelah mengikuti pelatihan, seminar, dan malam seni budaya tardisional ini, pada hari terakhir Rabu (12/2) seluruh peserta diajak melakukan kunjungan ke Jakabaring Palembang yang menjadi cikal bakal lokasi sekolah jurnalistik ASEAN.

Kawasan Jakabaring merupakan pusat fasilitas olahraga bertaraf internasional yang pernah dipakai untuk SEA Games 2011 dan "Islamic Solidarity Games 2013" yang masih tersedia lahan yang sangat luas untuk dibangun berbagai fasilitas CAJET, kata Kusaeni yang juga Direktur Pemberitaan Perum LKBN Antara itu.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada kesempatan acara malam seni budaya mengatakan, pihaknya menyambut baik dipilihnya Kota Palembang sebagai tempat pendidikan dan pelatihan wartawan ASEAN, dan berharap semua peserta selama berada di daerah ini dapat merasa senang dan membawa kesan baik yang bisa dipromosikan di negara masing-masing.

Untuk mewujudkan pembangunan CAJET itu, pihaknya berjanji mewujudkannya dalam waktu dua tahun terhitung mulai Februari 2014 ini, dan para wartawan yang hadir saat ini bisa kembali lagi ke Palembang untuk menyaksikan peresmian pusat pendidikan dan pelatihan wartawan itu, kata gubernur.

-

Arsip Blog

Recent Posts