Festival Kuliner Digelar di Banteng Vastenburg

Jakarta - Pemerintah kota Surakarta kembali menyelenggarakan festival kuliner pada 14-16 Maret 2014. Acara yang dihelat di pelataran Benteng Vastenburg ini akan menampilkan masakan dari berbagai hotel di Surakarta.

Ketua pelaksana festival kuliner, Daryono mengatakan setiap hotel sebenarnya punya makanan unggulan. "Itu yang ingin kami tampilkan dalam festival kali ini," katanya kepada wartawan, Jumat, 7 Maret 2014.

Ada 55 stan kuliner plus 25 stan yang memamerkan beragam peralatan memasak dari hotel. Dia sengaja menampilkan masakan para koki hotel agar masyarakat umum bisa melihat dan ikut merasakan. "Harganya lebih terjangkau," ucapnya, berpromosi.

Masakan hotel yang ditampilkan mulai makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup. Setidaknya ada 30 hotel yang berpartisipasi dalam festival kuliner kali ini.

Tapi panitia juga memberi kesempatan kepada kuliner non-hotel untuk ikut serta. Misalnya para pembuat nasi liwet atau cabuk rambak. "Kami fasilitasi tempat gratis. Bagi yang berminat bisa segera mendaftar," katanya.

Untuk kuliner luar Solo, dia akan menampilkan sebagian dari 30 ikon kuliner nusantara. Contohnya rendang, sate ayam Madura, nasi tumpeng, dan soto ayam. Festival kuliner dapat dikunjungi mulai pukul 07.30 sampai 21.00.

Penasehat Indonesia Chef Association Solo, Jeffrey Y. Kotta mengatakan para koki hotel sudah berkomitmen menampilkan masakan khas Indonesia dan khususnya Solo. Dia mencontohkan menu yang ditampilkan seperti nasi liwet, tengkleng, asem-asem buncis, dan wedang kunyit asam. "Masih ada menu-menu tradisi lain yang akan kami tampilkan. Ini masih didiskusikan," katanya.

Selain pameran kuliner, acara akan dimeriahkan dengan lomba memasak dengan juri ahli kuliner terkenal seperti Sisca Soewitomo, Bondan Winarno, dan William Wongso. Juga ada pemberian penghargaan ahli memasak oleh panitia.

-

Arsip Blog

Recent Posts