Grup Sarinam Juara I Festival Randai Rantau Kuantan

Teluk Kuantan, Riau - Grup Randai Sarinam dari Desa Teratak Air Hitam, Kecamatan Sentajo Raya, keluar sebagai juara I pada Festival Randai Rantau Kuantan yang telah digelar selama 10 hari (1-10 Februari).

Festival yang digelar Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kuansing bekerja sama dengan Komunitas Seni Kabupaten Kuansing, bertempat di Taman Jalur Kota Teluk Kuantan tersebut ditutup Senin (10/3/2014) malam.

Hadir pada malam penutupan itu Ketua Dewan Kesenian Kuansing Hj Juwita Alfis Sukarmis yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuansing, Kepala Dinas Budparpora Maifadal Muin yang diwakili Sekretaris Yulisar Musri dan sejumlah Kabid pada Dinas Budparpora.

Malam penutupan Festival Randai itu disaksikan ratusan warga Kota Teluk Kuantan dan sekitarnya. Pada malam itu masyarakat dihibur Teater Grup Bahoyak Kirit Cs yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Kuansing.

Selain mendapatkan piala bergilir dari Komunitas Seni, Grup Randai Sarinam juga mendapatkan piala tetap dan uang pembinaan sebesar Rp4 juta. Juara II diraih Grup Randai Air Mata Bunda dari Desa Pulau Busuk, Inuman, mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp3 juta. Sementara juara III diraih Grup Randai Sagiro asal Desa Teratak Air Hitam, Kecamatan Sentajo Raya, mendapatkan piala dan uang pembinaan Rp2 juta.

Juara harapan I diraih Permata Bunda dari Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, mendapatkan Rp700 ribu, harapan II Gelora Muda dari Desa Banjar Benai, Kecamatan Benai, mendapatkan Rp500 ribu dan favorit diperoleh SMAN 1 Gunung Toar, Kecamatan Gunung Toar, mendapatkan uang pembinaan Rp1 juta.

Panitia pelaksana Alfion mengatakan, selama pelaksanaan kegiatan randai yang digelar pada malam hari mendapatkan sambutan antusias masyarakat Kuansing. "Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias. Ini bisa dilihat, mulai pertama dilaksanakan festival sampai ke acara penutupan selalu ramai," kata Alfion.

Sementara Ketua Dewan Senin Kuansing Hj Juwita Alfis Sukarmis dalam sambutannya pada acara penutupan Senin malam, mengharapkan festival randai semakin berkembang dan dapat menghasilkan seniman-seniman yang andal, khususnya seniman di bidang kesenian tradisional.

Juwita Alfis Sukarmis sekaligus menyerahkan piala bergilir dan uang pembinaan kepada grup randai yang berhasil meraih juara I. Malam itu, Ketua TP PKK Kuansing ini juga berjoget bersama masyarakat yang dihibur musik tradisional randai tradisi masyarakat Kuansing.

-

Arsip Blog

Recent Posts