Hujan Deras Warnai Pawai Budaya Sidoarjo

Sidoarjo, Jatim - Hujan deras mewarnai perayaan pawai budaya yang berlangsung di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dalam rangka hari jadi 154 kabupaten setempat.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sidoarjo, Pramu Sigit, di Sidoarjo, Sabtu, mengatakan, pawai budaya ini diikuti oleh 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

"Masing-masing kecamatan mengeluarkan salah satu personilnya untuk mengikuti pawai budaya dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten," katanya.

Ia mengemukakan, selain 18 kecamatan kegiatan ini juga disemarakkan oleh delapan peserta lainnya mulai dari TNI Angkatan Laut, Bank Jatim dan juga dari instansi yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

"Semua kelompok peserta mengusung masing-masing kebudayaan daerah, leluhur, mata pencaharian daerah setempat dan lain sebagainya. Semua peserta diwajibkan memakai busana batik asli Sidoarjo," katanya.

Ia mengatakan, pawai budaya ini juga untuk menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Sidoarjo mengingat Kabupaten Sidoarjo memiliki budaya yang bervariasi.

"Masing-masing wilayah di Sidoarjo mempunyai budaya dan sejarah berbeda-beda. Meski berlatar belakang berbeda, semua bertekad untuk memajukan Kabupaten Sidoarjo," katanya.

Ia mengatakan, pawai ini di antaranya mempertontonkan bentuk kerajaan yang pernah ada di Sidoarjo, misalnya Kerajaan Jenggala. Bentuk kerajaan ini ditampilkan berupa tarian khas dan raja serta permaisurinya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah berharap pawai ini mampu menjadi sarana promosi potensi pariwisata yang ada di sejumlah kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

"Karena hampir setiap kecamatan ada potensi wisatanya, termasuk tempat-tempat bersejarah yang bisa mengangkat nama Kabupaten Sidoarjo menjadi lebih baik lagi," katanya.

-

Arsip Blog

Recent Posts