KBRI Meksiko Gelar Budaya Eratkan Hubungan RI-Meksiko

Jakarta - Keberagaman kebudayaan yang dimiliki Oaxaca sejatinya selaras dengan Indonesia. Oleh karena itu, guna memperkenalkan Indonesia di kota Oaxaca, KBRI Mexico City menggelar pameran foto dan pertunjukkan tari tradisional pada 20-21 Februari 2014.

"Saya selalu percaya bahwa kebudayaan bukan hanya atraksi, tetapi juga mampu menghubungkan dan menjembatani masyarakat dan meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Meksiko, khususnya negara bagian Oaxaca," kata Dubes Hamdani Djafar, dalam keterangan, Senin (24/2/2014).

Melimpahnya bangunan bersejarah dan pelestarian kebudayaan masyarakat membuat Oaxaca menjadi salah satu kota yang masuk kategori situs warisan dunia Unesco. Kekayaan budaya yang dimiliki kota yang terletak di sebelah barat daya Meksiko ini, membuat hampir 80 persen usia kerja berfokus di sektor pariwisata dan kebudayaan

Bekerjasama dengan Casa de la Cultura Oaxaquena, KBRI Mexico City mengadakan pameran foto bertema Una Mirada Mutua atau Looking at Each Other dan pagelaran tari Indonesia bertajuk Danzas de Indonesia.

Looking at Each Other, yang dipamerkan pada 20 Februari-20 Maret 2014 di Galeria Rufino Tamayo, merupakan foto hasil jepretan dua fotografer asal Indonesia dan Meksiko; Desiree Harahap dan Marcela Taboada. Kedua fotografer ini meng-capture keaslian dan kesamaan aktivitas yang dimiliki masyarakat kedua negara. Desiree Harahap mengabadikan humanisme di Meksiko, sementara Marcela Taboada di Indonesia.

Sementara itu, dalam pagelaran Danzas de Indonesia, KBRI Mexico City juga menggandeng warga Oaxaca untuk berpartisipasi menampilkan tarian tradisional seperti tari Gantar dan Tor Tor Tanduk. Keunikan ini dilakukan dengan mengajarkan gerakan tari kepada warga Oaxaca dalam rentang waktu sepekan sebelumnya.

Selama berada di Oaxaca, KBRI juga gencar mempromosikan beasiswa pemerintah Indonesia seperti Darmasiswa dan Kemitraan Negara Berkembang. Bak gayung bersambut, tercatat hampir 40 pemuda-pemudi Oaxaca bertanya langsung tentang beasiswa ini. Hal serupa dilontarkan Gubernur Oaxaca de Juarez, Gabino Cue Monteagudo, yang turut mengapresiasi tawaran beasiswa ini.

"Saya atas nama pemerintah Oaxaca mengucapkan terima kasih atas tawaran beasiswa yang diberikan pemerintah Indonesia. Saya percaya, melalui peningkatan pendidikan, individu masyarakat akan mendapat kehidupan yang lebih baik," ucap Gabino Cue di Galeria Rufino Tamayo.

-

Arsip Blog

Recent Posts