Menjaga Budaya, Lombok Dilirik Investor dan Turis

Lombok, NTB - Pulau Lombok sangat dikenal dengan destinasi wisata alamnya yang eksotis. Pun dengan pesona budayanya yang unik. Beragam pula.

Pengaruh kultur budaya Bali, Bugis dan Jawa membuat Lombok lebih berwarna. Setiap sudut kota dihiasi pelbagai pernik budaya dari ketiga etnis itu.

Arus modernisasi tak membuat kultur dan adat masyarakat di sana luntur. Terlebih budaya asli suku Sasak yang tetap berdiri kokoh diapit oleh tiga etnis budaya asli nusantara.

Hal inilah yang membuat wisatawan begitu antusias mengunjungi Lombok. Wisata budaya perlahan menjadi salah spot wisata andalan Pulau Lombok.

Daya tarik yang luar biasa membuat masyarakat lokal kukuh mempertahankan budaya. Berbeda dengan beberapa objek wisata yang hanya mengandalkan eksotisme alam.

Warga Sasak misalnya, masih mempertahankan budaya mengenakan sarung sebagai pakaian sehari-hari hingga bangunan fisik seperti rumah tinggal khas Suku Sasak.

Bukan hanya itu, ritual leluhur seperti membersihkan lantai rumah dengan kotoran sapi juga menjadi salah satu daya tarik. Serta masih banyak lagi.

Pengelola salah satu objek wisata di Lombok, Gede Pasek, mengaku perkembangan daerah Lombok tak lepas dari peran masyarakat lokal setempat.

Sehingga, kata dia, banyak investor yang begitu berminat mengembangkan potensi ini. Dibantu peran dari pemerintah dalam mengembangkan destinasi wisata Lombok.

-

Arsip Blog

Recent Posts